Software yang Digunakan Pesawat Ruang Angkasa SpaceX

Software yang Digunakan Pesawat Ruang Angkasa SpaceX

GuruInformatika.com -  SpaceX memiliki ruang kendali misinya sendiri di Hawthorne yang akan mengawasi pesawat luar angkasa Falcon 9 dan Dragon selama peluncuran dan perjalanan 19 jam ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Roket SpaceX terbang dengan perangkat lunak yang dapat Anda temukan di ponsel Android
Programmer SpaceX merinci bahwa perangkat lunak yang membuat roket Falcon, kapsul Dragon, dan satelit Starlink bekerja adalah tidak biasa. Bahkan mereka memainkan Program Luar Angkasa Kerbal (Simulator Roket Gratis).

Paket perangkat lunak yang digunakan SpaceX di dalam roket Falcon, kapsul Dragon, dan satelit Starlink adalah sepupu dekat dengan program yang mungkin ada di PC atau ponsel Anda.

Astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley menggunakan antarmuka yang dasarnya dari peramban Google Chrome – peramban yang paling banyak digunakan di dunia – setiap kali mereka mengetuk layar sentuh yang mengontrol kapsul Crew Dragon saat terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada dua peluncuran terakhir. Dan setiap roket dan satelit SpaceX menggunakan variasi sistem operasi Linux yang menggerakkan miliaran ponsel Android di dunia.

Dalam Reddit AMA yang berlangsung saat Hurley dan Behnken di stasiun luar angkasa, programmer SpaceX mengungkapkan bagaimana perusahaan Elon Musk telah bekerja untuk memodernisasi industri luar angkasa, bidang yang masih bergantung pada teknologi sejak beberapa dekade. 

Software yang Digunakan Pesawat Ruang Angkasa SpaceX

Perangkat lunak kurang terlihat wow dibandingkan beberapa perangkat keras yang menarik imajinasi, seperti roket pendorong yang kembali ke Bumi dan mendarat sendiri. Tapi itu sama pentingnya, karena TIK mengontrol semua aspek penerbangan luar angkasa. Misalnya, perangkat lunak menjalankan urutan pembatalan darurat SpaceX yang melepaskan kapsul Crew Dragon jika roket Falcon meledak.

Crew Dragon control system is similar to the game console (video)
Sistem kontrol Crew Dragon SpaceX mirip dengan konsol game
Antarmuka Chromium Crew Dragon

SpaceX menggunakan Chromium, fondasi open-source Google untuk browser web Chrome, untuk antarmuka pengguna layar sentuh di Crew Dragon, kata Sofian Hnaide, pengembang yang mengerjakan teknologi tampilan Crew Dragon yang digunakan dalam peluncuran Demo-2 yang membawa keduanya. astronot ke stasiun luar angkasa. SpaceX memulai upaya untuk mendemonstrasikan ide desainnya kepada NASA walau tadinya mereka keberatan, tetapi SpaceX tetap menggunakannya.

“Kami menyukai semua fitur modern yang hadir dengan browser,” kata Hnaide selama AMA, menambahkan bahwa Chromium memberikan akses SpaceX ke banyak pemrogram yang sudah ahli dengan teknologi tersebut.

Itu berarti aplikasi web ditulis dalam HTML dan JavaScript, seperti jutaan situs web, menunjukkan kepada astronot apa yang perlu mereka lihat, dan menafsirkan ketukan dan gesekan mereka. Itu adalah penyimpangan dari metode pemrograman dirgantara tradisional yang menggunakan bahasa tingkat rendah.

Layar sentuh mencontohkan pendekatan komputasi modern SpaceX, tetapi kapsul Dragon juga memiliki tombol perangkat keras yang lebih tradisional untuk tindakan kritis seperti menanggapi kebakaran kabin, kata Wendy Shimata, yang mengelola tim perangkat lunak Dragon.

Linux di dalam Jaringan Satelit Starlink


Antarmuka berbasis Chromium tersambung ke perangkat lunak kontrol kendaraan yang ditulis dalam bahasa C ++ dan berjalan pada sistem operasi Linux sumber terbuka. SpaceX mempertahankan varian Linux-nya sendiri, kata Josh Sulkin, pemimpin desain perangkat lunak untuk kapsul Crew Dragon SpaceX, tetapi ini adalah sepupu dekat dengan versi yang berjalan di dalam setiap ponsel Android.

SpaceX memodifikasi Linux untuk mendukung perangkat keras perusahaan itu sendiri. Ini juga memungkinkan opsi Linux waktu nyata, yang membantu memastikan perangkat lunak merespons masukan dengan andal dan cepat.

Untuk Starlink, jaringan satelit SpaceX yang berkembang untuk memberikan akses internet ke komputer di Bumi, “setiap peluncuran 60 satelit berisi lebih dari 4.000 komputer Linux,” kata Sulkin. Sebagian besar dari mereka mengatur komputer kecil yang disebut mikrokontroler dengan tanggung jawab yang sempit tetapi seringkali penting.

“Konstelasi ini memiliki lebih dari 30.000 node Linux (dan lebih dari 6.000 mikrokontroler) di ruang angkasa saat ini,” katanya, mengacu pada sistem komputasi yang merupakan bagian dari kelompok yang lebih besar yang bekerja secara paralel.

SpaceX Activates Station Communications System for Future Dragon Dockings -  Universe Today
Astronot Jeff Williams, Komandan Ekspedisi 22 (atas) di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan insinyur di SpaceX Mission Control di Hawthorne, California, melakukan aktivasi dan pengujian sistem komunikasi baru SpaceX untuk operasi dengan misi penyuplai ulang pesawat ruang angkasa Dragon yang akan datang ke ISS.

Metode pengembangan perangkat lunak modern

SpaceX tidak hanya menggabungkan perangkat lunak modern, tetapi juga metode pengembangan perangkat lunak modern seperti pembaruan yang sering dilakukan.

SpaceX memperbarui perangkat lunak Starlink setiap minggu, kata Matt Monson, yang memimpin pekerjaan perangkat lunak Starlink dan sebelumnya bekerja di perusahaan Dragon. “Pada saat kami meluncurkan sekumpulan satelit, mereka biasanya berada di build yang sudah lebih tua dari apa yang ada di konstelasi lainnya,” katanya. “Pada proyek semacam ini, kecepatan inovasi adalah segalanya.”

SpaceX juga mengadakan hackathon selama seminggu dengan astronot Behnken dan Hurley, membiarkan mereka mencoba perangkat lunak tersebut pada siang hari, kemudian membangunnya kembali setiap malam untuk memasukkan umpan balik mereka untuk tes hari berikutnya.

SpaceX juga menggunakan pengujian A / B, yang memungkinkan perusahaan menguji perubahan pada subset satelit, katanya. Ini adalah metode yang banyak digunakan dalam pemrograman yang lebih konvensional, misalnya untuk mengukur apakah situs web memuat lebih cepat.

Pembaruan bisa menjadi sangat penting. “Kami memiliki banyak contoh di mana satelit di orbit mengalami kegagalan yang bahkan tidak pernah kami bayangkan sebelumnya, tetapi dapat menjaga dirinya sendiri cukup aman untuk kami debug, mencari solusi atau solusi, dan mendorongnya ke atas. pembaruan perangkat lunak, “kata Monson.

Itu tidak berarti perangkat lunak itu cair. Perangkat lunak Crew Dragon dikunci beberapa bulan sebelum diluncurkan.

Security operations centers: a first principle idea


SpaceX telah berkolaborasi dalam pengembangan inovasi perintis di bidang DevOps dan keamanan dunia maya. Ini termasuk teknologi seperti pengujian berbasis perubahan, pembuatan kasus pengujian otomatis, dan analisis varian.

Keamanan komputer SpaceX

Perangkat lunak modern berarti masalah perangkat lunak modern, seperti keamanan. SpaceX menggunakan beberapa metode keamanan untuk menjaga pesawat ruang angkasa, sistem, dan datanya tetap aman, kata Jeff Dexter, yang menjalankan perangkat lunak penerbangan dan program keamanan siber SpaceX.

Misalnya, SpaceX menggunakan enkripsi ujung ke ujung untuk melindungi data yang dikirim ke dan dari satelit Starlink dari intersepsi, dan semua perangkat keras menjalankan perangkat lunak yang ditandatangani oleh SpaceX untuk membantu memblokir perangkat lunak luar, katanya. Ini juga menjalankan tes otomatis untuk mencari masalah dalam perangkat lunak.

“Kami memiliki tim yang berdedikasi untuk mengidentifikasi bagaimana kendaraan dan satelit kami dapat diretas sehingga kami dapat menghilangkan atau melarang jenis ancaman ini ketika kami sedang membangun kendaraan kami,” kata Dexter.

Bahkan apa yang dilakukan pemrogram SpaceX untuk bersenang-senang terdengar serius. Seorang Redditor bertanya apakah mereka memainkan Kerbal Space Program, sebuah game simulator penerbangan luar angkasa yang cocok untuk mereka yang menyukai mekanika orbital.

“Tentu saja kami memainkan KSP,” kata Hnaide.

Penulis: Djadja Sardjana
Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Chief Learning Officer at PT. DataQuest Leverage Indonesia

Komputer

Belum ada Komentar untuk "Software yang Digunakan Pesawat Ruang Angkasa SpaceX"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pembaca
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel