Bagaimana Ponsel Memata-matai Anda?

Bagaimana Ponsel Memata-matai Anda?

GuruInformatika.com - Bagaimana Ponsel Memata-matai Anda - Edward Snowden,
seorang mantan karyawan CIA membuka tabir beberapa taktik populer oleh operator telepon seluler dan raksasa teknologi yang digunakan untuk memata-matai pengguna. Dia membuat pernyataan ini dalam podcast terbaru di acara Joe Rogan.

Seorang mantan karyawan CIA, Edward Snowden terkenal karena mengungkap praktik pengawasan tidak etis oleh NSA. Sebelumnya, dia membocorkan dokumen rahasia pemerintah ke media internasional yang menunjukkan agensi tersebut menyadap catatan telepon banyak pengguna.

Setelah mengungkap beberapa organisasi pemerintah, Snowden berlindung di suaka politik di Rusia. Dia kemungkinan akan didakwa dengan Tindakan Spionase jika dia kembali ke AS.

Bagaimana smartphone memata-matai kita?

Selama wawancara, Edward Snowden mengungkapkan bahwa banyak operator seluler menggunakan kode IMEI (International Mobile Equipment Identity) dan IMSI (International Mobile Subscriber Identity) untuk menentukan setiap pergerakan pengguna. IMEI dan IMSI adalah nomor identifikasi ponsel cerdas dan kartu SIM.

Menurut Snowden, ketika telepon dihidupkan – operator terus merekam setiap gerakan pengguna dengan menilai jarak mereka dengan dua menara sinyal.

Dia menunjukkan bahwa sebelum integrasi smartphone; jenis informasi ini bersifat pribadi. Namun, teknologi digital memungkinkan produsen dan operator seluler mengakses informasi massal dan bahkan menyimpannya sebagai milik yang berharga.

Edward mengatakan bahwa tidak ada individu dengan smartphone yang dibebaskan dari pengawasan ini. Sayangnya, pengguna tidak menyadari masalah ini dan terus ‘menyerahkan’ hak privasi mereka kepada masing-masing operator telepon, produsen seluler, dan bahkan pengembang aplikasi.
“Bukan data yang dieksploitasi dan dimanipulasi, melainkan orang-orang yang dieksploitasi dan dimanipulasi,” kata Edward.


Saat ini, lembaga pemerintah dan raksasa teknologi telah mengambil tindakan proaktif untuk mengamankan privasi pengguna seluler – khususnya setelah Skandal Facebook Cambridge Analytica. Namun, Edward menilai tindakan yang diambil saja tidak cukup. Dan lebih banyak yang harus dilakukan untuk meminimalkan skandal privasi yang berulang.


Komputer

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Ponsel Memata-matai Anda?"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pembaca
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel