Download Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh (Daring)

Download Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh (Daring)
Contoh Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) Bekerja Dari Rumah dimasa Perpanjangan masa darurat Covid-19 membuat guru harus mendesain pembelajaran jarak jauh, karena masa belajar peserta didik dari rumah masih berjalan.

Download Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh Daring


Guru perlu mendesain pembelajaran jarak jauh dengan variatif dan tidak membosankan. Pun guru harus bisa memberikan materi terkait Covid-19 untuk mengedukasi peserta didik mengenai bahaya Covid-19, gejala terinfeksi, dan cara pencegahannya.

Guru bisa memanfaatkan beberapa aplikasi pembelajaran yang tersedia, agar pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung secara efektif.

Dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran, misalnya Google Classroom, Zoom, dan lakan memudahkan guru dalam membagikan materi, memberikan tugas, dan sekaligus melakukan evaluasi.

Laporan Pembelajaran Jarak Jauh dapat disusun guru setiap satu minggu sekali. Ini artinya, guru bisa memberikan tugas secara online dengan alokasi waktu satu minggu untuk satu mata belajar. Hal ini bertujuan agar tidak membebani peserta didik dalam mengerjakan tugas belajar di rumah.

Laporan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring) yang disusun guru, minimal harus memenuhi beberapa komponen berikut.

  1. Jadwal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  2. Rencana Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  3. Metode dan Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
  4. Evaluasi Pembelajaran Jarah Jauh/PJJ (Kuantitatif atau Kualitatif)
  5. Pemberian Tugas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) oleh Guru
  6. Bimbingan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) SEBAGAI BAGIAN DARI KEGIATAN BEKERJA DARI RUMAH (WORK FROM HOME) GURU MI/MTS/MA ………………. TAHUN 2020

Pertanggal ... Juli – ... Agustus 2020
Disusun Oleh    :
Nama            :
NIP            :
Jabatan        : Guru Mata Pelajaran _________

I.    PENDAHULUAN

Sebagai bentuk tindak lanjut terhadap terbitnya Keputusan Bersama 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Maka MI/MTS/MA ………………… dalam rangka ikut memutus mata rantai penyebaran Virus Corona menyambut baik keputusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah tersebut diatas.

Kegiatan pembelajaran pun dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran dari rumah. Pembelajaran daring tersebut dilaksanakan melalui aplikasi Whatsapp, Google Drive, Quizizz, Youtube, dan sepekan terakhir melalui tayangan dari TVRI yaitu pemberian materi pelajaran alternative dari kemdikbud RI.

Guru dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar secara daring sesuai dengan jadwal pelajaran seperti biasanya. Pembelajaran meliputi penyampaian materi, penugasan, dan penilaian.

II.    ISI
a. Rombongan belajar yang diampu
(tulis kelas yang diajar beserta jumlah siswa, termasuk pembagian kelas berdasarkan dapodik)
b. Media yang digunakan dalam pembelajaran
(tuliskan aplikasi atau cara apa saja yang digunakan dalam proses pembelajaran daring sesuai kelas masing-masing)
c.  Jadwal kegiatan pembelajaran Daring
(tuliskan jadwal pemberian pembelajaran, hari tanggal, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan pembelajaran, materi, dan cara pemberian materi yang dijabarkan secara rinci)
d. Foto kegiatan
(melampirkan bukti foto kegiatan pembelajaran daring yang memuat bukti percakapan, tugas siswa, umpan balik (refleksi), dan penilaian) (terlampir)

III.    PENUTUP
Demikianlah laporan pembelajaran daring ini kami susun, sebagai bahan rujukan untuk perbaikan program pembelajaran yang akan datang dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.





Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh (Daring) ini merupakan contoh format laporan oleh guru tentang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ataupun pembelajaran secara online (daring) yang telah dilaksanakan oleh guru.

Laporan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini dipergunakan guru sebagai bahan laporan kepada kepala Sekolah/Madrasah sebagai bagian dari pelaksanaan tugas mengajar yang tetap dilaksanakan oleh guru ditengah pandemi Covid-19 ini.

Oleh karenanya, format Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh (Daring) atau pembelajaran online ini adalah contoh laporan yang dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan serta pelaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran secara online ini merujuk pada kebijakan pemerintah yang tertuang dalam SKB 4 Menteri tentang pelaksanaan pembelajaran ditahun ajaran baru 2020-2021 ditengah pandemic Covid-19 ini.

Bagi Sekolah/Madrasah yang berada pada zona selain hijau


Bagi Sekolah/Madrasah yang berada pada zona selain hijau, wajib melaksanakan proses pembelajaran secara daring atau jarak jauh (PJJ), berbeda halnya bagi satuan pendidikan yang berada pada zona hijau, boleh melaksanakan proses pembelajaran dengan tatap muka namun harus menerpkan protocol kesehatan yang ketat.


Dalam contoh Laporan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajran secara online / daring, poin-poin yang menjadi bahan laporan meliputi:

  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Isi; Rombongan belajar (rombel), media yang digunakan, jadwal kegiatan dan foto kegiatan.
  4.  Penutup

Download Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh (Daring)


Sebagaimana yang telah diuraikan diatas, bahwa Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh (Daring) atau pembelajaran online dibutuhkan oleh guru sebagai laporan kepada kepala sekolah/Madrasah dan atau juga kepada pengawas sekolah/Madrasah.

Silahkan unduh Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh (Daring) / pembelajaran online disini: Download File Contoh Laporan.

Silahkan download dan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan serta proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran online pada sekolah/madrasah masing-masing.

Demikianlah informasi tentang Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh (Daring), semoga dapat memberikan manfaat dan kemudahan bagi guru.
Download Info Madrasah

Belum ada Komentar untuk "Download Contoh Laporan pembelajaran Jarak Jauh (Daring)"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pembaca
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel