✔ Aplikasi Gratis Terbaik untuk Kelas Online Solusi Belajar Online Akibat Virus Covid-19

✔ Aplikasi Gratis Terbaik untuk Kelas Online Solusi Belajar Online Akibat Virus Covid-19
Aplikasi Gratis Terbaik untuk Kelas Online Solusi Belajar Online Akibat Virus Covid-19 - Pemerintah telah memberitahukan tambahan permasalahan Covid-19 yang semula dari 96 permasalahan dan bertambah menjadi 117 kasus. Meningkatnya permasalahan Covid-19 di Indonesia ini menciptakan beberapa kegiatan untuk bersosialisasi cukup terganggu. Termasuk di dunia pendidikan.



Untuk mengurangi grafik peningkatan permasalahan tersebut, pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengerjakan social distance. Social distance ialah mengurangi pekerjaan yang dilaksanakan di lingkungan public. Misalnya, sekolah, bekerja, eraktivitasi di luar lainnya.

Hal ini dimaksudkan supaya mencegah orang sakit untuk mengerjakan kontak secara langsung dengan orang sehat.

Dengan mengerjakan social distance, maka akan meminimalisir peluang penyebaran permasalahan Covid-19 di Indonesia.

Namun, tidak serta merta kegiatan pembelajaran benar-benar diberhentikan. Pasti ada solusi yang tepat bagi guru dan siswa untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Salah satunya adalah dengan membuat kelas online.

Apalagi perkembangan teknologi digital semakin masif, pun dengan sstem pembelajaran dari konvensional ke modern. mau tidsak mau guru dan siswa harus mengimbangi zaman. Jika tidak, akan tergusur.


Nah, kali ini Guru Informatika kaan berbagi seputar Aplikasi Gratis yang bisa digunakan sebagai kelas online, dimana guru dan siswa bisa tetap belajar secara online/daring. Bahkan bisa menggunakan fasilitas video conference.

1. Google Classroom

 

Google Classroom/Ruang Kelas Google) adalah sistem pembelajaran kelas online yang bisa dgunakan sebagai media pembelajaran, dimana guru bisa menyediakan bahan ajar dan tes kepada siswa.

Salah satu produk google ini isa terhubung dengan  gmail, drive, hangout, youtube, bahkan calendar. Banyaknya fasilitas yang disediakan oleh google classroom tentu akan memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Pembelajaran yang dimaksud bukan hanya di dalam kelas saja yang terkesan monoton. Tetapi juga, bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun dengan mengakses google classroom secara online.

Keunggulan dari google classroom adala efektifitas dan efisiensi dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga guru bisa termudahkan dengan google class room ini.

Apalagi dengan fasilitas video conference. Dimana guru dan siswa bisa berttatap muka secara langsung melalui vidoe jarak jauh.

2. Edmodo

 

Edmodo ialah platform microblogging individu yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengkhususkan privasi siswa.

Dimana Guru dan siswa bisa berbagi catatan, tautan, dan dokumen dengan aplikasi Edmodo ini.

Guru pun memiliki keterampilan untuk mengirimkan pengumuman dan tugas kepada siswa. Juga bisa mengirimkan sesuatu dalam kerangka masa-masa yang bisa dilihat secara umum.

3. Moodle

 

Moodle ialah sebuah software CMS eLearning berbasis situs yang bisa merubah suatu media pembelajaran offline ke dalam format online (web based).

Aplikasi elearning Moodle ini memungkinkan murid untuk masuk kedalam ruang ruang belajar digital guna mengakses materi-materi pembelajaran.

Dengan memakai Moodle, pengajar dapat menciptakan materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Seiring dengan pertumbuhan teknologi informasi, kini Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) pun dapat dipakai melalui software berbasis Android dan iOS.

4. Schoology

 

APlikasi kelas online selanjutnya adalah Schoology. Dimana Schoolog ini adsalah salah satu solusi sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang dirancang guna kolaborasi antara seluruh siswa dan guru.

Schoology menawarkan API generasi berikutnya dan dukungan Learning Tools Interoperability (LTI), pencitraan brand  khusus, penciptaan peran granular, evaluasi lanjutan, dan analisis terperinci, dengan ongkos tertentu.

Seperti halnya Edmodo, bagaimanapun, Schoology memakai estetika Facebook yang akrab dengan fitur gamification, software mobile, dan juga akun orang tua.

Siswa, orang tua, dan guru bisa bermain secara gratis, namun admin akan menunaikan fitur ekstra premium. Dengan wajah jejaring sosial dan fondasi perusahaan LMS, Schoology menyentuh titik manis guna manajemen pembelajaran K-12.

Manfaat E-Learning untuk Guru dan Siswa

Berikut beberapa manfaat kenapa e-Learning sangat bermanfaat bagi guru dan siswa, khususnya bagi dunia pendidikan:

1. Fleksibel

Artinya adalah pembelajaran dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun. Terkadang guru harus mengikuti seminar, workshop atau tugas sekolah ke luar kota. Dengan kelas online masalah seperti ini bisa diatasi.

Guru dan Siswa pun dapat melakukan prosesi mengajarnya dimanapun dan kapanpun. Tak terbatas ruang dan waktu.

2. Bertambahnya Interaksi antara Guru dan Siswa



Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru sampai-sampai guru dapat lebih memahami masing-masing keterampilan siswanya.

Tanya jawab akan dilangsungkan maksimal. Guru pun bisa mengetahui hingga sejauh mana keaktifan dan keterampilan masing-masing anak. Sehingga pemungutan nilai nya objektif. Dan memotivasi murid supaya aktif dalam belajar. 

Oleh sebab itu, E-Learning mempermudah komunikasi pembelajaran antara guru dan murid supaya lebih intensif. Sehingga andai ada yang tidak dimengerti dapat langsung segera ditanyakan, dan untuk siswa yang pemalu merasa lebih nyaman dengan bertanya personal ke guru tersebut.
 

3. Mengurangi Biaya Pendidikan 

Dengan adanya E-Learning, biaya pemelian buku atau LKS bisa dipangkas. Karena belajar bisa dimana saja, bahkan di rumah sekalipun dengan memnggunakan aplikasi kelas online.

4. Melatih Kemandirian Siswa 

Dengan adanya e-learning, murid jadi lebih mandiri. Download materinya sendiri, belajarnya sendiri, kemudian diskusi kumpulan dengan teman-teman murid lain.
Setelah itu, jika ada hal yang ingin ditanyakaan yang sulit dimengerti, murid bisa menangyakan secara langsung kepada guru yang bersangkutan.

Sehingga murid diajarkan untuk mandiri dalam pembelajarannya, dan guru sebagai fasilitator pembelajaran akan tecapai.

5. Efisiensi Waktu 

Coba bandingkan dengan di sekolah pada umumnya. Banyak sekali guru yang sibuk memaparkan, lalu murid sibuk dengan mencatat.

Nah, salah satu keunggulan dari E-Learning yaitu efisiensi waktu. Materi dapat didownload, lalu disimpan di laptop, computer, atau bahkan di smartphone. Sehingga dapat dipelajari kapanpun dan dimanapun tanpa butuh proses mencatat.

Demikian pembahasan Aplikasi Gratis Terbaik untuk Kelas Online Solusi Belajar Onlinekali ini. Semoga bermanfaat.
Android Aplikasi Belajar Online E-Learning

Belum ada Komentar untuk "✔ Aplikasi Gratis Terbaik untuk Kelas Online Solusi Belajar Online Akibat Virus Covid-19"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pembaca
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel