Multimedia Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, Karakteristik dan Format Multimedia

Multimedia Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, Karakteristik dan Format Multimedia
Pengertian Multimedia Pembelajaran sebagai dasar sebelum kita masuk dan hendak ingin masuk ke Jurusan Multimedia sudah seharusnya dipahami terlbih dahulu. Sebelum nantinya kita akan mempelajari lebih jauh lagi seputar Multimedia.


Pengertian Multimedia

Secara bahasa, Multi berarti Banyak. dan Media adalah perantara.
Maka, secara istilah arti Multimedia  adalah  media  yang  menggabungkan  antara dua  unsur  atau  lebih.

Adapun media  itu sendiri terdiri dari teks, grafis/gambar/foto, audio, video dan  animasi yang satu sama lain terintegrasi.
Multimedia  terbagi  menjadi  2 kategori:  multimedia  linier & multimedia  interaktif.

Multimedia  Linier merupakan  suatu  multimedia yang  tidak dilengkapi dengan  alat  pengontrol  apapun yang dapat dioperasikan oleh  penguna.  Multimedia Linier ini  berjalan secara berurutan. Misalnya, TV & film.

Multimedia  Interaktif  adalah  suatu  multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol atau bisa kita katakan adalah software yang  dapat  dioperasikan oleh pengguna (user).

Sehingga  pengguna bisa bebas memilih  apa yang akan dipakai untuk  proses  selanjutnya.
Contoh  multimedia  interaktif  adalah: multimedia pembelajaran interaktif dengan powerpoint,  aplikasi game, dll.

Sementara, Pembelajaran bisa diartikan  sebagai proses penciptaan lingkungan  yang  memungkinkan terjadinya  proses kegiatan belajar mengajar.

Jadi  dalam  pembelajaran  yang  utama  adalah  bagaimana peserta didik belajar.

Belajar dalam pengertian aktifitas mental  siswa  dalam  berinteraksi  dengan  lingkungan  yang  menghasilkan adanya perubahan  perilaku  yan gbersifat  relatif  konstan.

Maka, dengan  demikian,  aspek  yang  menjadi  penting  dalam  aktifitas  belajar  adalah  lingkungan. 

Bagaimana  lingkungan  ini  diciptakan  dengan  menata  unsur‐unsurnya  sehingga  dapat  mengubah  perilaku  siswa. Dari  uraian di atas, apabila  kedua  konsep  tersebut  kita gabungkan  maka  multimedia  pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai aplikasi multimedia  yang  digunakan  dalam  proses  pembelajaran.

Dengan  kata  lain, untuk menyalurkan informasi (pengetahuan, keterampilan dan sikap) juga bisa  merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan juga kemauan yang belajar sehingga secara sengaja  proses belajar; terjadi-bertujuan-terkendali.

Manfaat  Multimedia  Pembelajaran

Secara  umum  manfaat  dari multimedia pembelajaran yaitu proses pembelajaran  lebih  menarik,  lebih  interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas  belajar siswa bisa ditingkatkan  dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di  mana dan kapan saja, serta  sikap  belajar  siswa  bisa ditingkatkan.

Manfaat multimedia pembelajaran di  atas  akan  diperoleh  mengingat  kelebihan akan kebermanfaatan multimedia  pembelajaran, yaitu:
  1. Memperbesar  benda  yang  sangat  kecil  dan  tidak  tampak  oleh  mata,  seperti kuman,  bakteri, elektron, dll.
  2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin  dihadirkan  ke sekolah,  seperti  gajah, laut, rumah, gunung,  dll.
  3. Menyajikan benda/peristiwa secara kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat,  seperti  sistem  tubuh  manusia, bekerjanya suatu mesin,beredarnya  planet,  berkembangnya bunga,dll.
  4. Menyajikan benda atau peristiwa  yang  jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.
  5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti  letusan gunung berapi,harimau,  racun, dll.
  6. Meningkatkan daya tarik juga minat dan perhatian siswa lebih fokus belajar.

Karakteristik Media dalam Multimedia Pembelajaran

Sebagai  salah  satu  komponen  sistem  pembelajaran,  pemilihan  dan  penggunaan  multimedia  pembelajaran  harus  memperhatikan  karakteristik  komponen  lain,  seperti:  tujuan,  materi,  strategi  dan  juga evaluasi pembelajaran.

Karakteristik Multimedia Pembelajaran adalah:


  1. Memiliki  lebih  dari  satu  media  yang  konvergen, misalnya  menggabungkan unsur  audio dan  visual.
  2. Bersifat  interaktif, dalam pengertian  memiliki  kemampuan  untuk mengakomodasi  respon  pengguna.
  3. Bersifat  mandiri, dalam pengertian memberikan kemudahan dan kelengkapan  isi sedemikian  rupa  sehingga  pengguna  bisa  menggunakan  tanpa  bimbingan  oran lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia  pembelajaran  sebaiknya memenuhi  fungsi  sebagai  berikut:
  1. Mampu  memperkuat  respon  pengguna  secepatnya  dan  sesering  mungkin.
  2. Mampu  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengontrol  laju kecepatan  belajarnya  sendiri.
  3. Memperhatikan  bahwa  siswa  mengikuti  suatu  urutan  yang  koheren  dan terkendalikan.
  4. Mampu  memberikan  kesempatan  adanya  partisipasi  dari  pengguna  dalam bentuk  respon,  baik  berupa  jawaban,  pemilihan,  keputusan,  percobaan  dan lain–lain.

5 Format  Penting dalam Multimedia  Pembelajaran

Format  sajian  multimedia  pembelajaran  dapat  dikategorikan  ke  dalam  lima  kelompok  sebagai  berikut:

1. Tutorial

Format  sajian  ini  merupakan  multimedia  pembelajaran  yang  dalam  penyampaian  materinya  dilakukan  secara  tutorial,  sebagaimana  layaknya  tutorial  yang  dilakukan  oleh  guru  atau  instruktur.

Informasi  yang  berisi  suatu  konsep  disajikan  dengan  teks,  gambar,  baik  diam  atau  bergerak  dan  grafik.  Pada  saat  yang  tepat,  yaitu  ketika  dianggap  bahwa  pengguna  telah  membaca,  menginterpretasikan   dan  menyerap  konsep  itu,  diajukan  serangkaian  pertanyaan  atau  tugas.


Jika  jawaban  atau  respon  pengguna  benar,  kemudian  dilanjutkan  dengan  materi  berikutnya.  Jika  jawaban  atau  respon  pengguna  salah,  maka  pengguna  harus  mengulang  memahami  konsep  tersebut  secara  keseluruhan  ataupun  pada  bagian‐bagian  tertentu  saja  (remedial).

Kemudian  pada  bahagian  akhir  biasanya  akan  diberikan  serangkaian  pertanyaaan  yang  merupakan  tes  untuk  mengukur  tingkat  pemahamn  pengguna  atas  konsep  atau  materi  yang  disampaikan.

2. Drill dan Practise

Format Drill dan Practise ini dimaksudkan untuk melatih pegguna  sehingga  memiliki  kemahiran  dalam  suatu  keterampilan  atau  memperkuat  penguasaan sutu konsep. 

Program menyediakan serangkaian soal atau pertanyaan yang biasanya ditampilkan secara acak,  sehingga setiap kali digunakan  makan  soal  atau  pertanyaan  yang  tampil  selalu  berbeda,  atau  paling  tidak dalam kombinasi  yang  berbeda.

Program  ini  dilengkapi  dengan  jawaban  yang  benar,  lengkap  dengan  penjelasannya  sehingga  diharapkan  pengguna  akan  bisa  pula  memahami  suatu  konsep  tertentu. 

Pada  bahagian  akhir,  pengguna  bisa  melihat  skor  akhir  yang  dia  capai,  sebagai  indikator  untuk  mengukur  tingkat  keberhasilan  dalam  memecahkan  soal‐soal  yang  diajukan.

3. Simulasi

Multimedia  pembelajaran  dengan  format  ini  mencoba  menyamai  proses  dinamis  yang  terjadi  di  dunia  nyata,  misalnya  untuk  mensimulasikan  pesawat  terbang,  di  mana  pengguna  seolah‐olah  melakukan  aktifitas  menerbangkan  pesawat  terbang,  menjalankan  usaha  kecil,  atau  pengendalian  pembangkit  listrik  tenaga  nuklir  dan  lain‐lain. 

Pada  dasarnya  format  ini  mencoba  memberikan  pengalaman  masalah  dunia  nyata  yang  biasanya  berhubungan  dengan  suatu  resiko,  seperti  pesawat  yang  akan  jatuh  atau  menabrak,  peusahaan  akan  bangkrut,  atau  terjadi  malapetaka  nuklir.

4. Percobaan  atau  Eksperimen

Format  ini  mirip  dengan  format  simulasi,  namjun  lebih  ditujukan  pada  kegiatan–kegiatan  yang  bersifat  eksperimen,  seperti  kegiatan  praktikum  di  laboratorium  IPA,  biologi  atau  kimia. 

Program  menyediakan  serangkaian  peralatan  dan  bahan,  kemudian  pengguna  bisa  melakukan  percobaan  atau  eksperimen  sesuai  petunjuk  dan  kemudian  mengembangkan  eksperimen– eksperimen  lain  berdasarkan  petunjuk  tersebut.  dapat  menjelaskan  suatu  konsep  atau  fenomena  tertentu  berdasarkan  eksperimen  yang  mereka  lakukan  secara  maya  tersebut.

5. Permainan


Tentu  saja  bentuk  permainan yang disajikan di sini tetap mengacu  pada  proses pembelajaran  dan  dengan  program  multimedia  berforat  ini  diharapkan  terjadi  aktifitas  belajar  sambil  bermain.  Dengan  demikian  pengguna  tidak  merasa bahwa  mereka  sesungguhnya sedang belajar. Jadi sama-sama belajar.

Demikian pembahasan tentang Multimedia Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, Karakteristik dan Format Multimedia Komputer Multimedia Pembelajaran

Belum ada Komentar untuk "Multimedia Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, Karakteristik dan Format Multimedia"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pembaca
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel