✔ Cara Daftar & Syarat Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 [LENGKAP]

✔ Cara Daftar & Syarat Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 [LENGKAP]
Perlu diperhatikan bagi Anda yang mengikut Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 ini, karena ada langkah-langkah yang harus dipenuhi peserta lomba.

Waktu dan Tempat
 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020


Pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan pada 1 Maret 2020 s.d 31 Mei 2020 secara online.

Rincian Kegiatan

Setelah kegiatan sosialisasi dimulai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pendaftaran dan pengumpulan hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama 4 bulan.


Pendaftaran dan pengumpulan karya bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, dimana peserta lomba wajib mendaftar secara resmi dan mengumpulkan karya dengan cara mengunggah (upload) karya di website resmi lomba di

http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba

Tahap Pendaftaran Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020


  1. Kunjungi website lomba kemudian mendaftar menjadi peserta lomba
  2. Akun user peserta adalah alamat email yang didaftarkan
  3. Peserta mendapatkan konfirmasi email yang didaftarkan
Peserta diwajibkan:
  • Melengkapi biodata
  • Mengupload identitas bukti diri (Kartu identitas dan foto diri)
  • Mengupload karya lomba yang di ajukan beserta surat pernyataan orisinalitas karya
  • Mengupload video demo karya lomba dengan durasi 30-60 detik ( contoh video bisa dilihat di web resmi lomba)
  • Upload icon ( 512 x 512 px) dan 3 screenshot karya (ukuran sesuai Smartphone)
  • Peserta memberikan diskripsi atau sinopsis mengenai karya yang di upload
  • Biodata, karya lomba, video demo, icon dan diskripsi bisa di perbaharui dan diupload ulang sampai batas akhir waktu pendaftaran.

Persyaratan Peserta Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020:

Warga Negara Indonesia (WNI)
Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui websaite, email dan media sosial resmi lomba.

Peserta Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 dibagi menjadi 4 kategori yaitu :


1. Kategori Pelajar :
  • SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat dan saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang sah.
  • Wajib melampirkan/mengupload surat ijin dari kepala sekolah untuk mengikuti lomba.
  • Apabila lolos ke grandfinal, peserta masih berstatus pelajar dan wajib membawa surat tugas sebagai peserta/finalis dari kepala sekolah
  • Panitia memberi fasilitas satu guru pendamping setiap peserta untuk menghadiri acara Grandfinal/Penjurian.
  • Guru pendamping wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah peserta.
  •  Panitia akan menanggung transportasi dan akomodasi (konsumsi dan penginapan) guru pendamping.
Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020
  • Guru segala jenjang (SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat)
  • Pamong belajar, tutor keaksaraan,pendidik paud
  • Wajib melampirkan/mengupload surat ijin yang mencatumkan mata pelajaran yang di ampu, dari atasan langsung untuk mengikuti lomba.
  • ika lolos ke grandfinal, peserta masih berstatus guru,pamong belajar,tutor keaksaraan atau pendidik paud, dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah/atasan langsung.
3. Kategori Umum V-Lab: mahasiswa atau masyarakat umum
4. Kategori Umum Game Edukasi: mahasiswa atau masyarakat umum

Karakteristik Peserta

  1. Bersifat perorangan
  2. Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak Grandfinal)
  3. Peserta yang pernah menjadi Juara 1 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar tidak akan menjadi finalis lomba berikutnya pada kategori yang sama.
  4. Peserta hanya boleh mengikuti satu kategori lomba.
  5. Peserta yang tidak bersedia mengikuti grandfinal, akan diturunkan sebagai kontributor

Persyaratan Karya :

  1. Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta (dilampiri surat pernyataan orisinalitas karya), isi karya menjadi tanggung jawab peserta.
  2. Karya berupa aplikasi mobile yang bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan melalui website m-edukasi.kemdikbud.go.id
  3. Aplikasi Mobile yang dimaksud adalah aplikasi yang dijalankan pada perangkat smartphone atau tablet.
  4. Aplikasi yang terkoneksi dengan server atau internet harus dapat dijalankan tanpa koneksi internet
  5. Aplikasi yeng terkoneksi server harus menyertakan dokumentasi dan panduan instalasi, jika masuk kontributor, data diserver harus di pindah ke server kemdikbud
  6. Konten karya adalah kreasi original tanpa mengambil dari pihak ketiga.
  7. Karya peserta tidak boleh lebih dari 200mb. Jika karya melebihi ukuran tersebut maka karya tidak bisa di unggah.
  8. Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan.
  9. Karya yang dilombakan tidak mengandung unsur komersial
  10. Karya yang dilombakan belum pernah menjadi juara di even lomba yang lain.
  11. Karya yang dilombakan, wajib mencantumkan splashscreen dengan logo standar yang telah disediakan oleh panitia (dapat diunduh di website resmi lomba, tetapi animasi dan musik boleh di modifikasi dengan durasi maksimal 5 detik.
  12. Tema karya tidak boleh sama persis dengan karya yang sudah dipublish di m-edukasi.kemdikbud.go.id. Contoh, hindari tema-tema berikut ini: Aksara Jawa, Operasi Hitung Sederhana, Pengenalan huruf abjad/hijaiyah, dan Menangkal HOAX. Tema yang sama persis tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi
  13. Di dalam aplikasi, peserta diwajibkan mencantumkan kredit yang berisi info pengembang, dan sumber/referensi yang digunakan. (apabila menggunakan aset dari pihak lain)

Materi Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020:

Untuk Pelajar 
Berisi tentang sosial budaya ( Misalnya : Kenakalan Remaja, Pendidikan Karakter, Budi pekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia, Peninggalan sejarah, dan lain-lain)

Untuk Guru
Berisi tentang materi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang di ampu dengan mencantumkan tujuan pembelajaran ( mata pelajaran yang diampu dicantumkan dalam surat ijin).

Untuk Umum V-Lab
Berisi tentang simulasi praktikum di laboratorium sekolah, dengan menyertakan lembar kerja praktikum (judul, tujuan, dasar teori, hasil pengamatan, pernyataan, dan kesimpulan ) dalam bentuk PDF.
       
Umum Game Edukasi
Berisi tentang aplikasi permainan yang mengandung unsur pembelajaran. 
Membantu orang untuk mempelajari subjek tertentu, mengembangkan konsep, memperkuat pengembangan, memahami peristiwa atau budaya historis, atau membantu mempelajari keterampilan saat bermain.

Mengandung prinsip-prinsip pembelajaran dan cenderung insrruksional (ditunjukan adanya storyline) serta dapat memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan.

Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing / daerah / muatan lokal.

Peserta yang masuk grandfinal 10 besar per kategori, menyertakan Source Code atau Resource saat presentasi di Grandfinal.

Satu karya hanya boleh di ikut sertakan pada satu kategori saja. Jika ditemukan karya yang sama dan terdaftar pada lebih dari satu kategori, maka Panitia Lomba Aplikasi Mobile Kihajar berhak mendiskualifikasi.

Ketentuan umum Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020

Peraturan dan ketentuan umum dalam pelaksanaan lomba ini adalah sebagai berikut:
  1. Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/ informasi dari panitia lomba.
  2. Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelum batas akhir pengumpulan karya
  3. Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
  4. BPMPK berhak mempublikasikan dan mendistribusikan 120 karya.
  5. Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat diganggu gugat.
Silakan klik gamabr di atas untuk melakukan Registrasi Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 Info Lomba Info Lomba Guru Lomba Aplikasi Android Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Daftar & Syarat Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 [LENGKAP]"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pembaca
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel