Apa Dampak Perkembangan Komputer Bagi Manusia???

Apa Dampak Perkembangan Komputer Bagi Manusia???
GURUINFORMATIKA.COM - Jika dipersempit apa dampak perkembangan komputer bagi manusia, bisa dikerucutkan bahwa komputer berdampak Positif; Komputer Dapat Memudahkan pekerjaan kehidupan sehari-hari, Komputer bisa digunakan untuk belajar. 

Namun, uga tidask menutup kemungkinandsampak negatifnya juga banyak salah satunya dampak negatif komputer adalah Penggunanya menjadi Antisosial dasn malas.


Baik kita bahas lebih dalam Apa Dampak Perkembangan Komputer Bagi Manusia???

Di zaman milenial , komputermenjadi keutuhan primer lagi. Karena jika tidak, ketinggalan di dunia teknologi informasi akan semakin tergusur. Komputer, gadget, menjadi barang yang dianggap biasa lagi yang digunakan mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Digunakan dengan berbagai maksud dan tujuan. Mengerjakan tugas, game, menonton tv, bakan melihat tutorial bagaimana cara memasak bisa dlihat melalui YouTube.

Komputer bukan saja digunakan dasn diajarkan di lembaga formal, di lembaga non formal pun, bahkan di setiap rumah komputer menjadi barang yang bukan lagi dianggap barang mewah.

Melihat dari sisi psiklogis seperti ini tentu saja banyak sekali manfaat dan madharatnya, baik dan burukna. Dampaknya akn terasa oleh si pengguna itu sendiri.

Dampak Positif Perkembangan Komputer Bagi Manusia:

  1. Komputer sebagai Alat Manajemen dan pekerjaan
  2. Komputer Sebagai Media Komunikasi
  3. Komputer Untuk Informasi Media
  4. Komputer sebagai Sarana hiburan
  5.  Komputer Pekerjaan Untuk Media

Komputer sebagai Alat Manajemen dan Pekerjaan

Bagi orang kantoran, komputer /laptop sangat dibutuhkan untuk mengatur tugas dan data-data mereka serta memanage waktu mereka. Bagi toko-toko dan rumah tangga, komputer sangat membantu dalm hal memanage omzet mereka. Sehingga semuanya dapat tertata dengan baik dan rapi. Hal ini tentunya sangat memudahkan bagi para pengguna komputer.

Komputer Sebagai Media Komunikasi

Komputer sangat berguna sebagai media komunikasi. Dengan komputer para pengguna dapat mengakses berita secara on-line melaui media internet dari situs-situs yang tersedia. Para pengguna komputer juga dapat menggunakan media chatting melaui internet agar dapat berkomunikasi satu sama lain baik dengan tulisan maupun lisan secara langsung dengan visual yang tersedia ke berbagai pelosok dunia.

Para pengguna juga dapat memanfaatkan komputer sebagai sarana berkirim e-mail ke pengguna lain dimana pun berada untuk saling bertukar informasi. Dari sini terlihat jelas manfaat komputer sbagai media komunikasi.

Komputer Sebagai Media Informasi 

Di sini komputer berperan sebagai media lahan informasi yang didapatkan melaui internet. Para pengguna dapat berbisnis,berdagang,promosi, dan bertransaksi cukup dengan menggunakan komputer tanpa bertatap muka. Bagi pelajar dan mahasiswa komputer sebagai sarana penunjang belajar serta mencari bahan belajar melalui internet. Begitu juga bagi para pengajar dan pendidik, komputer sangat berperan untuk meningkatkan kualitas guna mengetahui kemajuan bahan yang akan diajarkan dan refrensi lainnya.

Komputer sebagai Sarana Hiburan

Disisi lain komputer juga bermanfaat sebagi sarana hiburan. Para pengguna bisa menonton tv, memutar musik dan film serta memainkan aplikasi permainan yang tersedia sebagai hiburan. Selain itu komputer juga merupakan srana menyalurkan hobi para pengguna dengan tersedianya berbagai aplikasi software untuk menyalurkannya. Contohnya mengedit gambar atau film, membuat gambar atau film, menulis cerita atau novel dan lain sebagainya yang tenyunya juga dapat mengembangkan bakat para penggunanya.

Komputer Sebagai Media Lapangan Kerja dan Mencari Info Lowongan Kerja

Hal ini terbukti dengan banyaknya kantor dan perusahaan yang mencari karyawan yang mahir menggunakan komputer. Seiring berkembangnya zaman, maka semakin dibutuhkannya seseorang yang mahir dengan teknologi, diantaranya teknologi komputer.

Begitu juga bagi para programmer yang terus membuat berbagai aplikasi dan sofware untuk komputer seiring dengan perkembangannya.

Jadi jelas, selain sebagai Media lapangan kerja komputer juga bisa sebagai sumber penghasilan bagi penggunanya.


Dampak positif lainnya dari komputer adalah :


  1. dapat menambah pengetahuan dari berbagai macam hal yang tidak bisa kita dapatkan dari televisi, majalah bahkan buku
  2. teknologi komputer mempermudah penggunanya dalam mencari informasi yang terkecil sekalipun yang tak bisa didapatkan oleh buku atau memakan waktu yang lama. Dengan menggunakan komputer apa yang kita butuhkan bisa kita peroleh dengan cepat. 
  3. mempermudah juga bagi penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman yang jauh dan juga bisa menyampaikan suatu berita yang cepat dan praktis tanpa harus menunggu beberapa har

 Dampak Negatif Lainnya dari komputer :


  1. Dapat disalahgunakan oleh para penggunanya untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan norma-norma
  2. Dapat dijadikan tempat untuk memperoleh gambar2 yang tidak senonoh.
  3. Dapat membuat seorang penggunanya menjadi kecanduan akan teknologi komputer.
  4. Dapat menimbulkan hal2 yang tidak diinginkan seperti pemerasan dan pemalsuan identias .
Komputer

Belum ada Komentar untuk "Apa Dampak Perkembangan Komputer Bagi Manusia???"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pembaca
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel