Pengertian Informatika: Fungsi, Manfaat, Tujuan, Contoh Silabus dan RPP Mapel Informatika

Pengertian Informatika: Fungsi, Manfaat, Tujuan,  Contoh Silabus dan RPP  Mapel Informatika

GURUINFORMATIKA.COM - Secara umum, pengertian Informatika adalah disiplin ilmu  yang secara khusus membahas masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer  melalui proses-proses logika. 



Jika dikerucutkan, pembahasan Mapel Informatika secara Umum itu ada 4:
  1. Ilmu Komputer
  2. Teknik Informatika
  3. Teknik Komputer
  4. Sistem Informasi
Mari kita bahas semuanya....

#1. Ilmu Komputer (Pengertian, Batasan & Outuput)

Pengertian Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputasi, perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software).

Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak alogaritma sampai subyek yang lebih konkrit . Seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak dan perangkat keras.

Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak, berbeda dengan teknik komputer yang lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer.

Topik imu komputer pembahasanya sangat luas mulai dari teori dan dasar-dasar algoritma untuk dan membuat sebuah sistem.

Supaya kamu lebih mudah meahaminya, Ilmu Komputer itu dikelompokan menjadi 3:
  1. Merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak yang bermanfaat
  2. Membuat inovasi di dunia komputer.
  3. Memecahkan permasalahan dengan jalan yang efektif dan efisien

Bagaimana Prospek Bagi Lulusan Ilmu Kompter?

#1. Kamu Bisa Menjadi Computer network engineer/ data comunication engineer

Dimana tugas seorang network engineer adalah sebagai berikut :
  1. Melakukan instalasi hardware, sistem atau software baru yang digunakan dalam jaringan
  2. Melakukan instalasi, konfigurasi, dan perawatan layanan jaringan (network services) dan perangkat jaringan
  3. Mendukung fungsi administratif pada penggunaan perangkat jaringan
  4. Mengatur protokol untuk backup atau restore di dalam sistem
  5. Merencanakan dan memberikan dukungan untuk implementasi infrastruktur jaringan komputer.
  6. Melakukan perbaikan atau analisis terhadap server, workstations dan semua yang berkaitan dengan hal tersebut.
  7. Mendokumentasikan permasalahan yang terjadi di dalam jaringan untuk referensi di masa yang akan datang
  8. Memonitor kinerja sistem dan dapat mengimplementasikan performance tuning
  9. Mengatur akun pengguna (users account), izin pengguna (users permission), serta implementasi firewall, dan sistem keamanan.
  10. Memperhatikan aspek keamanan pada aplikasi dan jaringan. (fajar.net)


1. Teknik Informatika

a. Definisi Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. 

Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.


Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. 

Pada Teknik Informatika, kamu akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer.

Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :

  1. Sistem Informasi: Memberikan pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi, metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak
  2. Rekayasa Perangkat Lunak : Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Basis Data Client Server.
  3. Pemrograman dan Komputasi: Memberikan pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
  4. Arsitektur dan Jaringan Komputer : Materi yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll.

Bagaimana Prospek Bagi Lulusan Teknik Informatika?

Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. 

Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika.

Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah:

  1. Programmer
  2. Sistem Analis
  3. Web Designer
  4. Software Engineer/Web engineer
  5. Computer network/Data Communication Engineer
  6. Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll)

Software Engineer Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. 

Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.

System Analyst dan System Integrator Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.

Konsultan IT Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi. Database Engineer / Database Administrator Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu instansi atau perusahaan.

Web Engineer / Web Administrator Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.

Computer Network / Data Communication Engineer Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pen gelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.

Programmer Baik sebagai system programmer atau application developer, sarjana informatika sangat dibutuhkan di berbagai bidang.

Misalnya bidang perbankan, teleko munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.

Software Tester Terkait dengan ukuran perangkat lunak, sarjana informatika dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenar-an fungsi dari sebuah perangkat lunak.

Game Developer Dengan berbagai bekal keinformatikaan yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll.

seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.

Intelligent System Developer dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.

Pengertian Teknik Komputer dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Komputer

Teknik komputer adalah salah satu disiplin ilmu teknik yang mengintegrasikan beberapa bidang dari teknik elektro dan ilmu komputer/teknik informatika.

Beberapa universitas memasukkan teknik komputer menjadi peminatan di jurusan elektro, tetapi ada juga yang membuka teknik komputer menjadi jurusan yang berdiri sendiri seperti di Universitas Indonesia dan Universitas Komputer Indonesia.

Mahasiswa teknik komputer tidak hanya diajarkan tentang hardware atau software saja, tetapi interaksi diantara keduanya. 

Seperti kebanyakan disiplin ilmu teknik lainnya, kemampuan dalam matematika dan fisika merupakan dasar dari teknik komputer

Apa saja yang dipelajari di Teknik Komputer? 

Umumnya, bidang peminatan yang dipelajari di teknik komputer diantaranya adalah tentang embedded system, jaringan komputer, dan teknologi multimedia. 

Sebagai gambaran saja, mata kuliah yang ada di jurusan teknik komputer diantaranya adalah tentang:

  • sistem operasi (OS)
  • organisasi dan arsitektur komputer
  • sinyal sistem
  • perancangan sistem digital
  • rekayasa perangkat lunak (software engineering)
  • pemrograman OOP
  • sinyal sistem
  • image processing
  • eknologi nirkabel
  • jaringan dan keamanan jaringan komputer
  • teknik telekomunikasi, dll.


Agar tidak bingung, kamu bisa cari di internet gambaran tentang mata kuliah tersebut agar tahu kalau masuk teknik komputer akan belajar apa.

Bagaimana Prospek Lapangan Kerja Bagi Lulusan Teknik Kompter?

Teknik komputer merambah berbagai bidang pekerjaan. 

Lulusannya bisa bekerja sebagai programmer, software engineer, embedded system engineer, system engineer, network engineer, konsultan IT, bidang web hosting and services, dll.

SISTEM INFORMASI

Sistem informasi adalah bidang studi yang kelahirannya berasal dari ilmu komputer. 

Seperti diketahui, ilmu komputer melibatkan banyak disiplin ilmu dan sistem informasi lebih fokus ke organisai perangkat lunak (software) untuk pengolahan informasi dan data termasuk aksesbilitas dan keserdiannya.

Bidang Sistem informasi akan banyak bersentuhan dengan data seperti cara menyimpan, cara menampilkannya baik untuk skala kecil, menengah hingga besar seperti Enterprise.

Bidang ilmu seperti sistem database, manajemen informasi dan enterprise data merupakan bidang inti bidang ini.

6 Area Kerja Sistem Informasi

Sistem informasi memiliki beberapa area kerja, diantaranya:
  1. Strategi Sistem INformasi
  2. Managemn Sistem Informasi
  3. Sistem INformasi Kepemerintahan
  4. Pengamanan SIstem Informasi
  5. Literasi Sistem Informasi
  6. Organisasi SIstem Informasi

Bagaimana Prospek Bagi Lulusan Sistem Informasi?

Business Process Analyst

Business Process Analyst adalah profesi yang bertanggung jawab dalam memahami kebutuhan bisnis dari organisasi dan menterjemahkannya dalam spesifikasi solusi.

Business analyst harus mencari issue-issue penting organisasi, mencari kekuatan dan kelemahan organisasi dan saran perbaikannya, mereview dan memperbaiki requirement, spesifikasi serta proses bisnis terkait solusi yang diusulkan, dsb.

Profesi Business Process Analyst membutuhkan pengetahuan di bidang manajemen informasi dan data, analisa dan perancangan sistem, manajemen proyek teknologi informasi, pengembangan aplikasi, serta interaksi manusia-komputer.

Application Developer

Application Developer adalah profesi yang bertanggung jawab dalam pengembangan aplikasi Sistem Informasi. 

Beberapa perusahaan memiliki divisi teknologi informasi yang kuat, dan mereka membutuhkan banyak pegawai yang memiliki kualifikasi dalam pengembangan aplikasi.

Selain itu, posisi ini juga banyak dibutuhkan oleh software house. Trend ke depan adalah organisasi bisnis lebih fokus ke kegiatan core-nya, dan kegiatan dalam melakukan perancangan database.

Profesi Application Developer berfungsi untuk menjamin bahwa rancangan database yang dibuat sudah memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam memberikan solusi-solusi terkait dengan pemilihan produk database yang sesuai dengan organisasi, termasuk bagaimana melakukan optimasi dalam pencarian informasi.

E-Business Analyst

E-Business Analyst adalah profesi yang bertanggung jawab dalam menganalisa dan merancang proses bisnis organisasi secara elektronis dalam rangka peningkatan kualitas layanan dan peningkatan efisiensi.

Profesi E-Business Analyst  membutuhkan banyak pengetahuan dalam bidang arsitektur enterprise, strategi, manajemen dan akuisisi Sistem Informasi, serta manajemen proyek Teknologi Informasi.
ERP Specialist .

IS/IT Auditor

IS/IT Auditor adalah profesi yang bertanggung jawab dalam melakukan audit terhadap proses teknologi informasi dan sistem informasi organisasi.

Profesi IS/IT Auditor harus bisa memastikan bahwa proses-proses TI dan SI organisasi sudah mampu dalam mengamankan sumber daya TI, memelihara kebenaran data, dan mampu menuju tujuan perusahaan secara efektif. 

Audit SI memberikan evaluasi yang bersifat independen atas kebijakan, prosedur, standar, pengukuran, dan praktik untuk menjaga/mencegah informasi elektronik dari kehilangan, kerusakan, penelusuran yang tidak disengaja, dsb.

Profesi IS/IT Auditoraat ini menjadi salah satu profesi yang menarik mengingat saat ini SI dan TI menjadi salah satu elemen penting organisasi dan profesi ini masih terbilang cukup baru di Indonesia.

IT Architect

IT Architect adalah profesi yang bertanggung jawab dalam merancang arsitektur teknologi informasi organisasi. Perancangan ini meliputi perancangan arsitektur aplikasi, data serta infrastruktur dan tentunya harus selaras dengan arsitektur bisnis organisasi.

Profesi IT Architect akan bekerja dengan menggunakan berbagai standar yang sudah dibuat, mulai dari kerangka TOGAF, EAP, dsb.

Posisi ini merupakan posisi yang strategis, mengingat ke mana arah organisasi dan pengelolaan teknologi informasi akan bergantung dari hasil rancangan mereka.

IT Asset Officer

IT Asset Officer adalah profesi yang bertanggung jawab dalam pengelolaan aset teknologi informasi. Aset teknologi informasi yang dimiliki oleh organisasi akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya organisasi.

Agar aset tersebut bisa dikelola dengan baik, dibutuhkan bantuan dari seorang IT Asset Officer. 

Profesi ini banyak membutuhkan kemampuan dalam hal infrastruktur dan audit serta kontrol teknologi informasi.

Pentingnya Mapel Informatika?

Zaman digital mengharuskan siapa pun yang hidup di zamannya untuk menggunakan alat informatika. Apalagi smartphone yang semakin hari terus meng-upgrade performanya. 

Nah, mempelajari informatika sangat bertautan sekali dengan keberadannya di zaman digital ini. 

Karena ini merupakan salah satu mendukung pemerintah dengan Internet Sehat.

Setidaknya denga mempelajari Informatika, kalian tidak akan ketinggalan dengan informasi berita terbaru seputar tekno dan komputer. 

Bukan hanya itu, perusahaan yang ada sekarang sangat membutuhkan karyawannya yang lebih mempunyai keahlian di bidang IT. (pelbagai sumber)

Mapel Informatika Modul Informatika Pemograman

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Informatika: Fungsi, Manfaat, Tujuan, Contoh Silabus dan RPP Mapel Informatika"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pembaca
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel