Silabus Mata Pelajaran Informatika SMP

GURUINFORMATIKA.COM - Silabus merupakan acuan dalam penyusunan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran. Silabus berisikan komponen dasar yang meliputi materi pembelajaran, contoh kegiatan pembelajaran dan kompetensi dasar yang perlu dicapai peserta didik.


Penyusunan silabus ini diperuntukkan bagi para pelaksana pendidikan atau pihak-pihak terkait yang memiliki kepentingan tertentu terhadap kemajuan hasil belajar peserta didik. Pengembangan silabus ini dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok, atau dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan setempat.

Pelaksana pendidikan dan pihak-pihak terkait yang dimaksud antara lain Guru, Kelompok Guru di Sekolah, atau Kelompok Kerja Guru (MGMP/KKG), atau Dinas Pendidikan :
  1. Untuk bidang TIK/Informatika yang membutuhkan koordinasi dengan mata pelajaran lainnya, Sekolah diharapkan membentuk tim Kurikulum TIK/Informatika, untuk mengembangkan silabus yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, kondisi sekolah dan kondisi lingkungannya.
  2. Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, dapat mengembangkannya bersama sekolah lain melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau Kelompok Kerja Guru (KKG).
  3. Penyusunan Silabus juga dapat difasilitasi oleh Dinas Pendidikan setempat dan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan program studi “komputing”, sehingga penyusunan silabus dilakukan dengan mengkoordinasikan dan menyertakan para ahli disiplin ilmu informatika.
Silabus mata pelajaran TIK/Informatika di SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru.

Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya.

Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapaiannya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan Pendidikan peserta didik.

Silabus ini juga bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran dengan mengakomodasi kearifan lokal.

Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkan kompetensinya secara optimal melalui kegiatan pengamatan, berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan terlibat aktif dalam pembelajaran.
Selain itu peserta didik diharapkan mampu mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari baik berhubungan dengan proses maupun produk sains.

Komponen silabus mencakup Kompetensi Dasar, Materi pembelajaran dan Contoh Kegiatan
pembelajaran. Penyusunannya dilakukan dengan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum,
  2. mudah diajarkan/dikelola oleh guru
  3. mudah dipelajari oleh peserta didik,
  4. terukur pencapaiannya,
  5. bermakna untuk dipelajari sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas.

 Download Silabus Mapel Informatika
Download Silabus Mata Pelajaran Informatika SMP

0 Response to "Silabus Mata Pelajaran Informatika SMP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel