SILABUS MAPEL INFORMATIKA SMP: Algoritma dan Pemrograman

SILABUS MAPEL INFORMATIKA SMP: Algoritma dan Pemrograman
GURUINFORMATIKA.COM - SILABUS MAPEL INFORMATIKA SMP - Silabus adalah pokok-pokok isi atau materi pelajaran yang digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standart kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standart kompetensi dan kemampuan dasar.



Silabus Mapel Informatika SMP yang akan dibagikan ini kiranya akan membantu guru sebagai bahan referensi mengajar mapel informatika di kelas.

Materi yang akan disampaikan adalah: ALGORITMA & PEMROGRAMAN

Kompetensi Inti: Pengetahuan
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Kompetensi Inti: Keterampilan
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar: Pengetahuan

Memahami program visual dari demo dan tutorial.
Mengenal cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual yang dipakai.


Kompetensi Dasar: Keterampilan

Meniru (menulis ulang) sebuah program sederhana di lingkungan visual, untuk berkenalan dengan lingkungan

Materi Pokok
  • Program visual, elemen program (variable, loop, kondisi)
  • Objek visual, primitf gerakan, efek eksekusi
  • Aplikasi IDE pemrograman visual Struktur program visual
 Pembelajaran
  • Demo contoh
  • Demo contoh
  • Demo aplikasi IDE pemrograman Visual Paparan resources mencari Help Praktikum membuat program visual dengan alur sikuensial, memakai alternatif, dan looping Menalar karyanya terhadap program edukasi yang pernah dipakainya

Penilaian 
  • Pengamatan guru
  • Pengamatan oleh guru
  • Hasil pencapaian tugas Paparan lisan mengenai proses mengerjakan tugas, dan pendapatnya tentang program yang dihasilkan

Indikator
  • Siswa memahami apa itu program visual, dan dampaknya jika dieksekusi
  • Siswa mampu mengenali elemen program dan lingkungan yang dijelaskan, primitf eksekusi dan efeknya jika dieksekusi
  • Siswa mampu menulis ulang sebuah program visual
Capaian
  • Guru menyiapkan lingkungan yang dibutuhkan.
  • Sebagai pemanasan, siswa bermain dengan permainan yang mewakili blok-blok visual yang akan dipakai (saat ini banyak tersedia gratis seperty blocky games).
  • Setelah mengenal lingkungan tersebut, fokus pelajaran adalah pada pembentukan kemampuan "blok" perintah (menyusun algoritma) yang dilakukan dengan mengkonstruksi program secara visual menggunakan "blok" yang mewakili instruksi.
  • Siswa mengenal bagaimana menggerakkan benda di layar (move), membatasi gerakan dengan kondisi (if), dan mengulangi gerakan (loop)
  • Praktek dilakukan secara individual atau berdua, untuk membuat sebuah "robot" sederhana yang diberikan spesifikasinya.
Catatan Tambahan
Untuk Lebih lengkapnya mengenai Silabus Mapel Informatika SMP dengan ALGORITMA & PEMROGRAMANbisa Anda dapatkan di link di bawah ini (DRIVE Google)
Algoritma Mapel Informatika Pemograman Silabus

Belum ada Komentar untuk "SILABUS MAPEL INFORMATIKA SMP: Algoritma dan Pemrograman"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Pembaca
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel