JUKNIS, TEMA & MATERI LENGKAP MATSAMA 2019

GURINFORMATIKA.COMMATSAMA adalah waktu yang disediakan oleh Madrasah Penerima Peserta Didik Baru. Tentunya Juknis, Tema dan Materi Matsama harus diketahui.


sourche image: kemenagbogor
Masa Ta'aruf Siswa Madrasah yang lebih dikenal dengan nama Matsama merupakan serangkaian kegiatan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Pengenalan itu meliputi seperti pa dan bagaimana proses kegiatan rutin di madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, pengenalan organisasi, sistem pembelajaran, serta pengenalan civitas madrasah.

Kenapa Matsama Mesti Dilakukan?

Matsama perlu dilakukan sebagai upaya menjembatani siswa mengenali lingkungan barunya.

Artnya, Matsama memfasilitasi Peserta Didik Baru untuk saling mengenal antara peserta didik baru, lingkungan sekolah baru, guru dan hal lain yang terkait dengan Madrasah. Juga sebagai media bersosialisasi dengan lingkungan Madrasah yang baru, dengan teman-teman baru dengan kakak-kakak kelas dan dengan guru-guru baru.

Larangan Kegiatan Matsama

Meskipun Matsama bertujuan baik, namun seringkali kita umpai pada praktiknya Matsama dijadikan ajang sebagai ajang balas dendam kakak kelas kepada peserta didik baru.

Maka, larangan kegiatan Matsama salah satunya adalah Matsama dilarang bersifat perploncoan atau tindak kekerasan yang lainnya

Karena Matsama merupakan serangkaian kegiatan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Pengenalan itu meliputi kegiatan rutin madrasah, fasilitas, nilai dan norma yang berlaku, pengenalan organisasi, sistem pembelajaran, serta pengenalan civitas madrasah. Matsama perlu dilakukan sebagai upaya menjembatani siswa mengenali lingkungan barunya.

Untuk itu, Matsama harus diisi dengan kegiatan edukatif, tetap mentaati peraturan.
 

Matsama Menjadi Hak Guru

Perencanaan dan penyelenggaran kegiatan Matsama 2019 juga menjadi hak guru. Karenanya, penyelenggaraan Matsama ini melarang pelibatan siswa senior (kakak kelas) dan atau alumni sebagai penyelenggara.

Jka kedapatan pihak madrasahyang melibatkan siswa senior, maka pihak madrasah akan dikenakan sanksi yang akan diberikan atas pelanggaran terhadap aturan yang telah ditetapkan, utamanya terkait dengan tindak kekerasan atau perpeloncoan.

Sanksi untuk para siswa diberikan dalam rangka pembinaan, berupa: teguran tertulis dan tindakan lainnya yang bersifat edukatif.

Materi Matsama 2019


Adapun Materi Matsama untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)  yang harus disampaikan adalah sebagai berikut:
  1. Sosialisasi;
  2. Tatacara belajar (belajar sambil bermain);
  3. Kumpulan data kepentingan Tata Bisnis Madrasah serta Komite Madrasah;
  4. Kegiatan keagamaan;
  5. Kegiatan kepramukaan.
Sementara Materi MATSAMA bagi peserta didik baru kelas VII (tujuh) MTs serta Kelas X (sepuluh) MA diisi yang dengannya kegiatan MATSAMA, antara lain :
  1. Pengenalan Madrasah (program, struktur, tata tertib, kode etik/tata krama Madrasah, orientasi kepramukaan serta lain-lain);
  2. Penanaman konsep pengenalan diri peserta didik serta kegiatan keagamaan sesuai yang dengannya tujuan pendidikan nasional;
  3. Pendidikan karakter bangsa serta agama;
  4. Kegiatan kesiswaan;
  5. Aturan Baris Berbaris (PBB);
  6. Pembentukan pengurus kelas;
  7. Pembagian kelompok belajar;
  8. Mencatat jadwal;
  9. Tata tatacara diskusi kelompok yang dengannya dipandu oleh panitia serta wali kelas melakukan bimbingan. 
Jika Anda membutuhkan Juknis Matsama 2019, berikut kami lampirkan linknya di sini ( DRIVE GOOGLE)

0 Response to "JUKNIS, TEMA & MATERI LENGKAP MATSAMA 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel