Mapel Informatika Terus Disosialiasikan. Ayo Dukung!!!

GURUINFORMATIKA.COM - Sesuai dengan Permendikbud Nomor 35 dan 36 tahun 2018, Mata pelajaran Informatika diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengantisipasi revolusi industri 4.0.

Peluncuran mata pelajaran informatika ini disambut baik oleh sejumlah daerah, termasuk Prov. Jawa Barat. Sosialiasi mata pelajaran informatika ini terus gencar dipersiapkan guru dan siswa untuk memperkuat pembelajaran informatika yang berbasis Science, Technology, Engineering, Ar, and Mathematic (STEAM) di sekolah masing-masing.

Artikel Terkait:
Mapel Baru Informatika Menjadi Pelajaran Utama SMP dan SMA, Selamat Tinggal TIK
Mapel Informatika Diterapkan, Ketahui Bedanya dengan Mapel TIK


Dunia pendidikan di Jawa Barat ikut bersemangat mempersiapkan generasi masa depan menyambut era revolusi industri 4.0, melalui pengetahuan-pengetahuan mata pelajaran informatika berbasis STEAM. "Karena mata pelajaran ini akan segera menjadi mata pelajaran tambahan di sekolah," kataKepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Asep Suhanggan dalam keterangan pers tentang Pengenalan Mata Pelajaran Informatika berbasis STEAM, di acara Indonesia STEAM Week yang digelar di Aula Disdik Provinsi Jawa Barat.

Dalam memperkenalkan mata pelajaran ini kepada guru dan siswa, Bicara Edukasi (PT Bianglala Charisma Candrabirawa) bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) gencar melakukan sosialisasi dan pelatihan ke beberapa daerah.

Bian Murphy sebagai Direktur Utama Bicara Edukasi menambahkan, untuk mencapai tujuan dari mata pelajaran ini, sosialisasi tidak hanya dilakukan kepada para pendidik, namun juga kepada siswa. "Untuk guru melalui program Steam Tropper untuk menumbuhkan master-master trainer Steam di setiap daerah, sedangkan untuk siswa melalui Olimpiade Nasional Robotik dan pemrograman yang acara finalnya akan digelar Mei 2019 mendatang," kata Bian.

Indra Charismiadji, Praktisi Pendidikan Abad 21, mneyampaikan  di hadapan para guru dan siswa memaparkan tentang pentingnya berkembang dan berpikir secara HOTS (Higher Order Thinking Skills). "Selain itu juga bagaimana menerapkan proses pembelajaran 4C yakni Communication, Colaboratin, Computational Thinking and Creative," kata Indra.

Roadshow Indonesia STEAM Week 2019 Jawa Barat juga dihadiri oleh Dewi Sartika selaku Kadisdik Provinsi Jabar “Pengetahuan guru semacam ini sangat dibutuhkan dalam memajukan guru-guru di Jabar, dan sangat perlu dilaksanakan pelatihan secara intensif di seluruh wilayah masing masing kabupaten di Jawa Barat,"seru Dewi. (medcom.id)

0 Response to "Mapel Informatika Terus Disosialiasikan. Ayo Dukung!!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel