Peluang Usaha Bagi Lulusan TKJ dengan Penghasilan yang Menjanjikan

Peluang Usaha Bagi Lulusan TKJ dengan Penghasilan yang Menjanjikan - Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) diharapkan untuk membuka lapangan pekerjaan secara mandiri. Terlepas mereka yang lulus di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ataupun  di Perguruan Tinggi. Faktanya bagi kamu yang saat ini adalah lulusan TKJ beruntung, karena peluang usaha bagi lulusan TKJ ini sangat terbuka lebar.



Harapan orang tua menyekolahkan dan kamu sekolah di TKJ tidak akan sia-sia. Pasalnya, harapan itu akan terbuka dengan hasrat dan skill kamu di bidang Teknik Komputer dan Jaringan ini untuk memiliki usaha sangat prospektif.

Skill yang kamu seputar pelajaran teori dan praktik TKJ akan bermanfaat bagi orang-oranag sekitar. Termasuk akan bermnfaat untuk menambah penghasilan kamu sehari-hari. Penghasilan yang cukup relatif besar untuk ukuran kamu yang baru saja lulus.

Banyak sekali pilihan Apa saja peluang usaha bagi lulusan TKJ dengan Penghasilan yang menjanjikan ini. Berikut daftar peluang usaha yang bisa kamu pilih, khususnya bagi kamu yang lulus TKJ:

Jasa Service Komputer


Urusan perkomputeran tentu saja adalah kegiatan sehari-hari kamu di sekolah maupun di rumah. Komputer bagi pelajar atau mahasiswa jurusan teknik komputer & jaringan adalah ibarat makan. Jadi menjadi kebutuhan.

Maka, pantas dan layak kalau kamu ingin membuka peluang usaha yang menjanjikan caranya dengan membuka Jasa Service Komputer. Peluang usaha ini bisa dilakukan di rumah, di kontrakan, di desa maupun di kota.

Karena hampir tiap rumah saat ini memiliki komputer atau laptop. Namun, biasanya mereka hanya pengguna saja. Tidak tahu bagaimana memperbaiki komputer itu jika ada kerusakan di software atau hardware. Kesempatan inilah yang seharusnya kamu ambil.

Bagaimana Cara Memulai Jasa Service:

  • Siapkan ruangan untuk tempat service. Ukurannya tergantung. Disesuaikan dengan ruangan yang bisa dipakai. Minimal ukuran untuk jasa service komputer 2x2 meter. Nggak usah terlalu besar. Kecuali kalau usaha terus berjalan dan berkembang, baru kamu bisa menambah lahan untuk tempat service yang cocok.
  • Membeli sparepart alat-alat untuk memperbaiki komputer seperti obeng, tank, solder, dll.
  • Membeli komputer/laptop bekas yang casingnya masih bagus. Ini untuk sebagai hiasan saja yang akan dipajang di depan toko.
  • Jangan lupa media promo seperti spanduk dan x-banner.

Jasa Instalasi Komputer/Laptop


Sebenarnya untuk jasa instalasi komputer ini biasanya sepaket dengan jasa service komputer. Keuntungan dari jasa instalasi komputer ini relatif, pasaran sekita 60 ribu rupiah. Bahkan bisa lebih. Tergantung sistem operasi apa yang nantinya akan dipakai.

Yang lebih menguntungkan lagi, ketika kamu dapat orderan untuk mengisntal komputer di instansi-instansi pemerintah, sekolah ataupun pihak swasta. Yang mana biasanya mereka tidak menginstal hanya 1 unit saja. Melainkan puluhan, bahkan ratusan unit.

Penghasilan dari instalasi di instans-instansi ini bisa kamu dapatkan ratusan juta.

Buka Toko Komputer


Untuk buka toko komputer memang membutuhkan modal yang tidak kecil. Namun, kamu bisa menabung sedikit demi sedikit. Step by step, setelah berjalan membuaka layanan jasa service komputer, kamu bisa menambah barang-barang yang akan dijadikan untuk dijual nantinya.

Penghasilan dari membuka toko komputer ini  cukup gede loh. Keuntungan bisa 500%. Itu trgantung kamu dimana membeli awal di distributor komputer atau laptop.

Paling banter keuntungan daari jual beli komputer/laptop sekitar 250.000-500.000. bahkan bisa lebih. Jika sehari saja kamu bisa menjual 1 unit laptop. Lalu dikalikan selama sebulan.  Maka kamu akan mendapatkan penghasilan sekitar  7.500.000. Lumayan bukan untuk ukuran kamu yang baru lulus di jurusan TKJ?

Bukan lumayan lagi, dengan ini kamu bisa menabung bahkan bisa memberikan keuntungan kamu buat orang tua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel