Cara Merekam Layar Komputer atau Laptop dengan Filmora

Cara Merekam Layar Komputer atau Laptop dengan Filmora - Ada kalanya untuk membuat sebuah panduan atau tutorial yang dibutuhkan tidak hanya berupa teks atau tulisan saja. Melainkan orang sering lebih paham jika melihat tutorial videonya. Maka, untuk memberitahukan informasi berupa video banyak yang menggunakannya dengan cara merekam layar komputer.


Kali ini, GuruInformatika.com akan memberikan bagaimana caranya merekam layar komputer atau laptop. Software yang digunakan adalah Wondershare Filmora.

Sebelum ke tutorialnya, ada baiknya kita bahas dulu apa itu Aplikasi WOndershare Filmora yang mana bisa digunakan di Komputer/PC atau pun di Android.

Wondershare Filmora atau orang sering mneybutnya supaya lebih gampang,Filmora , yaitu sorftware video editing (mengedit video) yang sangat mudah digunakan bagi pemula sekalipun. Dimana aolkiasi ini fiturnya cukup lengkap , diantaranya; efek transitions, filter, element dan efek-efek lainnya. 

Namun, selain tugasnya untuk mengedit video, Filmora juga bisa digunakan untuk menangkap layar komputer.

Lalu bagaimana caranya Merekam Layar Komputer/Laptop dengan Filmora?

Baiklah... Tidak usah tergesa-gesa, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki software filmora. Jika sudah memiliki dan menginstalnya, maka silakan buka aplikasinya. Jka belum punya, silakan bisa kamu kunjungi alamat ini: https://filmora.wondershare.com/

Dan tampilannya akan seperti di bawah ini:


ika sudah, langkah selanjutnya untuk mereka layar komputer adalah:
Silakan kamu pilih yang Full Feature Mode.
 
Langkah Kedua yang harus kamu lakukan adalah, arahkan pointer mous kamu dengan cara: klik pada menu File - Record Media - Record PC Screen



Nah di sini kamu akan melihat 3 fitur, yaitu Record From Webcam, Record PC Screen dan Record a Voiceover. Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Contoh, pilih saja Record PC Screen

Langkah Ketiga akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah,



Kamu bisa mengaturnya sendiri sesuai kebutuhan mulai dari ukuran screen yang akan  direcord, on/off microphone dan speaker, Quality video dan FPS hasil rekaman. 

Klik REC bulatan merah untuk memulai rekaman.

Langkah Keempat adalah ketika kamu tekan REC, maka akan ada hitungan mundur sebelum record dimulai, dan setelah selesai sobat dapat mengakhiri rekaman (Stop) dengan cara tekan F9 pada keyboard, dan otomatis rekama video akan tersimpan pada directori (Save To) yang dituju.



Juga akan muncul pada ruang kerja filmora sehingga kamu bisa langsung mengedit screen recorder tersebut di sebelah kanan atas.

Bagaimana?
Sangat mudah bukan bagaimana caranya Cara Merekam Layar Komputer atau Laptop dengan Filmora ini.
Tampilkan Komentar