Adakan Program ini, Jika Ingin Sekolah Kamu Menjadi Sekolah Unggulan

Adakan Program ini, Jika Ingin Sekolah Kamu Menjadi Sekolah Unggulan - Menjadi sekolah unggulan adalah harapan para stakeholder pendidikan yang di dalamnya ada praktisi pendidikan, guru, siswa dan orang tua. Tentunya orang tua mana pun ingin menyekolahkan anaknya ke sekolah unggulan tersebut. Termasuk bagi anak itu sendiri, merasa bangga jika ikut bergabung belajar di sekola unggulan yang didambakan.

Namun, menjadi sekolah unggulan tidaklah mudah. Harus bekerja sama semua pihak, termasuk program apa yang akan diunggulkan.





Jika kamu hendak belajar di sekolah unggulan, maka pastikan di sekolah tersebut ada progam yang namanya STEAM.


Apa itu STEAM?


STEAM singkatan dari Science, Technology, Art, and Mathematic. Artinya, dengan program STEAM, nak didik akan diajarkan mengolaborasi antara pendidikan sains, teknologi, seni, dan matematika. Kesemuanya itu menjadi satu dalam pembelajarannya.


Apa Tujuan STEAM?


Tujuan program dari STEAM ini adalah upaya bagaimana caranya melatih siswa supaya bisa berfikir secara gabungan/integrasi. 


Misalnya nih... Kamu akab diajarkan oleh guru tentang pengenalan bangun ruang dalam pelajaan Matematika. Maka, dalam pembelajarannya akan digabungkan tidak hanya dengan metoda pelajaran matemetika pada umumnya. Melainkan, akan digabungkan bagaimana dilihat dari seni, dan dipraktikkan dengan teknologi. Kamu akan membuat bangun ruang tersebut menggunakan aplikasi di komputer.


Bagaimana Konsep STEAM?


Konsep Science, Technology, Art, and Mathematic adalah perpaduan antara teori dan praktik. Bahkan bisa dikatakan perbandingannya 30% teori, 70% praktik. Karena belajar tidak hanya menggunakan otak saja untuk berpikir, melainkan harus ada anggota tubuh lainnya untuk diaktifkan seperti halnya otak.


Tentu saja ini akan menggeberikan bagi siswa, karena jika anak hanya belajar teori saja di kelas, maka tingkat kreativitas anak tidak akan maju. Kita yakini bahwa kualitas anak itu berbeda-beda, ada yang lebih dominan secara berpikir, ada pula dari anak yang dominan kecerdasannya melalui seni.

Apa Kelebihan dari Program STEAM ini?


1.    Presentse antara Teori dan Praktik seimbang. Bahkan lebih banyak praktik
2.    Anak mempraktikkan ilmu yang mereka pelajari
3.    Anak bisa menggunakan tangan dan otak mereka.
4.    Anak akan terbiasa bekerjasama
5.    Anak akan kreatif
Tampilkan Komentar