Peluang dan Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pedidikan dan Guru di Indonesia

GURUINFORMATIKA.COM -  Peluang dan Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pedidikan dan Guru di Indonesia - Teknologi internet semakin masif saja, dimana tidak hanya menghubungkan jutaan manusia di seluruh dunia, melainkan juga sudah menjadi basis untuk transaksi perdagangan dan transportasi secara online.




Terlebih lagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin pesat di awal abad ke-20. Dimana banyak melahirkan teknologi informasi dan proses produksi yang dikendalikan otomatis. Inilah awal mula Revolusi Industri 4.0 dikenal.


Apa itu Revolusi Industri 4.0?

Revolusi Industri 4.0 adalah masa ke-4 dari perjalanan sejarah revolusi industri. Dimana revolusi industri itu sendiri mulai dikenal pada abad ke-8. Menurut Prof Schwab, dalam bukunya, The Fourth Industrial Revolution, dunia mengalami empat revolusi industri:

Revolusi industri 1.0 ditandai dengan ditemukannya mesin uap. Dimana dengan mesin uap ini untuk mendukung mesin produksi seperti kereta api dan kapal laut.. 

Revolusi industri generasi 2.0 ditandai dengan ditemukannya pembangkit tenaga listrik dan motor pembakaran dalam. Penemuan Revolusi industri generasi 2.0 merangsang terciptanya telepon kabel, mobil, pesawat terbang, dll.Revolusi industri generasi 3.0 akhirny yang perdana munculya teknologi digital dan interne. Revolusi ini disebut juga dengan revolusi digital, dimana ruang dan waktu bukan sebagai alaan untuk selalu berkomunikasi.

Dampak Negatif Revolusi Industri dari Generasi ke Generasi

Revolusi Industri 1.0:
menimbulkan dampak negatif dalam bentuk pengangguran massal, karena peralatan kerja digantkan dengan tenaga mesin uap.


Revolusi Industri di Indonesia


Revolusi industri mengalami puncaknya saat ini dengan lahirnya teknologi digital yang berdampak masif terhadap hidup manusia di seluruh dunia. Revolusi industri terkini atau generasi keempat mendorong sistem otomatisasi di dalam semua proses aktivitas.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel