Masyarakat Harus Bijak Memilih Teknologi. Lebih-lebih di Era 4.0 saat ini

GURUINFORMATIKA.COM - Dalam menyongsong pendidikan di Era 4.0, masyarakat harus bijak memilih teknologi. Menjadi masyarakat dengan pemikiran yang sangat kompleks tentunya bijak memilih jenis teknologi adalah pilihan tepat. Karena teknologi yang disediakan di dunia ini ada yang aman, dan juga ada yang tidak aman.

Lalu bagaimana cara menyikapinya perkembangan teknologi yang sangat masif ini?




Pertama, Bijak Memilih Teknologi

Penyeberan informasi, teknologi dan komunikasi semakin hari semakin tak bisa dibendung. Diperlukan penerimaan dari masyarakat secara bijak dalam menyikapinya. TIdak serta merta harus semuanya diterima. NAmun, harus disaring, mana informasi yang layak dikonsumsi dan mana infnormasi yang harus diindari. Seprti berita hoaks.

Kedua, Menyediakan Teknologi yang Ramah Pendidikan


Inovasi pembelajaran menjadi perkara yang harus diusahakan,karena dengan perkembangan koneksi internet yang sangat dahsyat ini. Teknologi yang kita pilih dan dibuat harus ramah dengan pendidikan.

sampai kapan kita menjadi user/pengguna saja yang terus akan menjadikan kita seorang yang konsumtif/penikmat media.

Harus ada inovasi untuk menciptakan sesautu. Termasuk membuat sesuatu media teknologi yang ramah pendidikan. Misalnya membuat aplikasi pembelajaran, yang mana dengan aplikasi android tersebut bisa memberikan manfaat untuk orang lain. APalagi dengan aplikasi itu bisa mencerdaskan anak bangsa. 

Ada syarat khusus bagaimana caranya menyedikan teknologi yang ramah pendidikan ini,diantaranya:

  1. Pastikan Produk yang akan kita luncurkan adalah benar-benar akan memberikan manfaat untuk orang banyak. Apalagi untuk dunia pendidikan.
  2. jangan aneh jika sering menemukan trial & error saat memmbuat aplikasi tersebut. Karena cara dan gaya akan berbeda, termasuk dalam pembuatan aplikasi. Tentunya akan berbeda dengan orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel