Mapel Informatika: Panduan Dasar Belajar Desain Grafis dengan Aplikasi Software CorelDraw

Panduan Dasar Belajar Desain Grafis dengan Aplikasi Software CorelDraw - Aplikasi teknologi komputer sudah sangat menyebar luas di berbagai bidang. Termasuk di bidang sen; seni rupa attau seni musik. Pada era Revolusi Industri 4.0 pun kita harus sudah siap belajar dan mengasah kemampuan dengan aplikasi desain grafis CorelDraw.




Kamu pasti pernah melihat kartu pelajar, kartu-kartu ucapan, logo sekolah, logo osis, logo pramuka atau logo ekstrakurikuler yang keren. Saya bisa membuatnya, Pak. Dengan cara apa saya membuat logo yang menarik?

CorelDraw jawabannya...


CorelDraw adalah suatu aplikasi desktop publishing yang menjadi salah satu media informasi di revolusi industri 4.0 ini. CorelDraw sudah mencapai beberapa versi, versi terbaru adalah CorelDraw X8.


Pada tulisan ini, kita akan belajar bersama-sama mempelajari dan praktik menggunakan program aplikasi CorelDraw X5. Harapannya, kamu bisa membuat minimal satu desain menarik dan keren hasil karya kamu sendiri. Nanti, karya kamu bisa diupload di media sosial, atau blog pribadi kamu.   


Sebelum kita bahas, yang nanti akan kamu pelajari, dan kamu akan bisa:

  • Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam software pembuat grafis
  • Menggunakan menu dan ikon yang terdapat di software pebuat grafis
  • Membuat grafis dengan berbagai varisi warna, bentuk dan ukuran
  • Membuat karya dengan Program Aplikasi CorelDraw X5
Belajar CorelDraw sangat cocok buat kamu yang punya hoby menggambar aau mendesain gambar. Kamu tidak hanya bisa melakukannya pada media kertas atau kanvas saja, tetapi dengan CorelDraw kamu bisa menggambarnya dengan komputer atau laptop. Dan hasilnya akan lebih bagus, karena terdapat fitur-fitur yang mempermudah membuat desain yang akan kamu buat.

CorelDraw adalah salah satu software/perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor. Apa itu vektor? Vector adalah gambar yang teridiri dari garis dan kurva.

Ok... Paham yang pengertian tentang Apa itu CorelDraw...

Selanjutnya, mari kita langsung saja buka program aplikasi CorelDrawnya

Saya pastikan, kamu sudah memiliki softwarenya. Jika pun tidak, silakan kamu bisa mendownloadnya di blog penyedia software coreldraw premium atau gratisan.

Langkah Pertama, Buka Aplikasi CorelDRAW.
Caranya klik tombol tombol Start > Programs > Corel Graphics Suite X5 >CorelDRAW X5.


Sehingga akan muncul tampilan seperti ini:



Ada beberapa menu di sebelah kanan dengan tulisan miring:


Quick Start

Menu Quick Start ini digunakan jika kamu memulai dengan cepat untuk membuka beberapa file yang terakhir dikerjakan. Di bawah menu open recent, kama akan menemukan beberapa file yang terakhir kali dikerjakan. Nah, ketika kamu ingin memulai dari awal kamu diberi 2 Pilihan: new blank document dan new from tempelate pada menu start new.


What’s New


Menu
What’s New ini memberikan informasi terbaru program CorelDRAW X5 dengan berbagai kelebihan dibandingkan dengan coreldraw versi sebelumnya.

Learning Tools


Menu Learning Tools ini memberikan informasi kepada kamu tentang bagaimana cara belajar menggunakan coreldraw dengan versi video DVD dengan tambahan 5 Link menu untuk mempelajari coreldraw X5 dengan menontonnya.


Gallery


Menu Gallery memberikan informasi kepada kamu tentang hasil olah kerja dengan corelDraw hasil karya para desainer lain, dimana mereka sudah mengirimkan hasil karya mereka di website resmi CorelDRAW. Di sana akan diberikan link untuk mengunjungi langsung website desainer dengan coreldraw versi yang ini.


Updates


Di sini, kamu bisa melihat link untuk update coreldraw versi teranyar dan kamu bisa berpartisipasi mengirimkan karya desain bersama desainer internasional untuk mengikuti Kontes Desain dalam skala internasional.





Baiklah, kita lanjutkan Memplajari Lembar Kerja, Menu, dan Toolbar CorelDRAW X5 secara bertahap

 
Setelah kamu klik New black document, maka akan tampil Lembar Kerja CorelDraw seperti gambar di bawah ini:



Yukk Kita ketahui satu-satu...


AREA KERJA/CANVAS

Area kerja ini adalah area kerja kita,tempat dimana kita akan berkreasi membuat berbagai macam objek gambar desain. Area kerja ini fungsinya seperti kertas gambar, hanya saja dengan corel draw ini dalam bentuk maya.


MENU BAR
 
Berisi berbagai perintah pengoperasian. Mulai dari membuka file, edit, view, layout, arrange, effect, bitmaps, text,table, tools, windows, help.


Coba kamu klik menu tool bar FILE, maka ada tampilan mengenai New, dll. Berikut penjelasannya:
  • New : Membuat dokumen baru
  • Open : Membuka file CorelDRAW yang sudah pernah dibuat
  • Save : Menyimpan dokumen/desain yang kita buat
  • Print : Mencetak hasil karya
  • Cut : Memotong objek ke clipboard
  • Copy : Menyalin objek yang sama ke clipboard
  • Paste : Menempelkan objek dari clipboard ke canvas
  • Undo : Membatalkan perintah sebelumnya
  • Redo : Mengulangi atau mengembalikan perintah yang diundo
  • Import : Import gambar (memasukkan gambar dari komputer)
  • Export : Export gambar corel draw ke format lain (ini yang akan menjadi file jadi: jpeg, png, dll)
  • Zoom Levels : Mengatur level pembesaran area kerja atau canvas
  • Application launcher : Memanggil aplikasi corel graphics suite yang lain(ini belaku jika kamu menginstal sebelumnya)
  • Corel Online : Memanggil Corel Online

TOOL BOX

Toolbox coreldraw adalah sebuah kontak yang berisi bermacam-macam tools atau alat. Pada CorelDRAW versi X5, bagian ini memuat alat-alat untuk membuat dan memodifikasikan suatu objek. Secara default (bawaan), letak tool box berada di lembar kerja sebelah kiri, namun bisa kamu modifikasi juga dngan cara memindahkan posisinya dengan cara men-drag ke tempat yang kamu inginkan.


Toolbox berisi macam-macam tool yang akan digunakan untuk membuat berbagai macam objek gambar dalam coreldraw. 

Ada beberapa tool yang digabung, bisa kamu lihat dari tanda panah kecil di bagian kanan bawah dari tiap icon tool yang ada.

Untuk menampilkan tool yang tersembunyi di suatu group, kamu tinggal KLIK dan TAHAN, sampai tool-tool yang tersembunyi bisa tampil.


Berikut maksud dan fungsinya alat-alat atau tools yang ada di ToolBox CorelDRAW:


Pick Tool, adalah tools untuk menyeleksi dan mengubah ukuran objek pada lembar kerja CorelDRAW


Shape Tool,
adalah tool untuk mengubah bentuk objek pada lembar kerja corelDRAW. Dalam
Shape Tool ini ada 4 jenis tool berbeda dengan fungsi yang saling berkaitan. Ke 4 tools itu adalah Shape, Smudge Brush, Roughen Brush dan Free Transform.

Adapun tombol shortcut atau jalan pintas yang dapat digunakan untuk mengakses tool ini dengan cepat adalah Tombol F10.
 

Crop Tool adalah tool yang dapat digunakan untuk memotong sebagian dari objek pada lembar kerja CorelDRAW yang tidak diinginkan. Dalam tool ini, ada 4 jenis tool ; Crop, Knife, Eraser (penghapus), dan Virtual Segment Delete. Tool Crop Tool ini tidak memiliki tombol shortcut.

Zoom Tool adalah tool yang digunakan untuk memperbesar maupun memperkecil tampilan objek pada lembaran kerja CorelDRAW. Dalam tool ini, ada 2 Jenis tool;Zoom dan Pan


Freehand Tool adalah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam garis dalam lembar kerja CorelDRAW,baik garis bebas,point to point, maupun garis-garis yang lain ada 9 ; Freehand, 2-Point Line, Bezier, Artistic Media, Pen, B-Spline, Polyline, dan 3-Point Curve.

Tombol yang dapat digunakan untuk mengakses tool Freehand secara cepat/Shortcut tombolnya adalah tombol F5,sedangkan untuk mengakses tool Artistic Media,kita dapat menggunakan tombol I.
 

Smart Fill Tool adalah tool yang dapat digunakan untuk menciptakan objek dan memberi warna.Terdapat 2 buah tool yang tersimpan didalam tool ini,yakni Smart Fill dan Smart Drawing (Shortcut Shift+S)

Rectangle Tool adalah tool yang dapay digunakan untuk menciptakan berbagai macam bentuk persegi.dalam tool ini tersimpan dua buah tool,yakni Rectangle dan 3-Point Rectangle. Kamu juga bisa pijit F6 supaya lebih cepat.


Ellipse Tool adalah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam lingkaran.didalam tool ini terdapat 2 macam tool; Ellipse dan 3-Point Ellipse. Tombol shortcut untuk mengakses Ellipse tool adalah dengan cara menekan F7.
 

Polygon Tool adalah tool yang digunakan untuk membuat berbagai bentuk Objek pada lembar kerja CorelDRAW, yang berbentuk polygonal.

Dalam polygon tool ini,tersembunyi 5 macam tool; Polygon,Star,Complex Star,Graph Paper, dan Spiral.

Tombol shortcut untuk Polygon Tool adalah Y, sedangkan tombol yang dapat digunakan untuk mengakses tool Graph Paper adalah D, sementara tombol A untuk Spiral Tool.
 

Basic Shapes Tool adalah tool yang dapat digunakan untuk membuat berbagai objek dengan bentuk dasar pada lembar kerja CorelDRAW.Dalam tool ini,terselip 5 tool; Basic Shapes, Arrow Shapes, Flowchart Shapes, Banner Shapes, dan Callout Shapes.

Text Tool adalah tool yang digunakan untuk menyisipkan text dalam lembar kerja CorelDRAW dengan tombol shortcut F8. 


Table Tool adalah tool yang dapat digunakan untuk menyisipkan tabel dalam lembar kerja CorelDRAW.
 

Parallel Dimension Tool adalah tool yang dapat digunakan untuk membuat objek dengan kemiringan dimensi. Dalam tool ini ada 5 Macam tool; Parallel Dimension, Horizontal or Vertical Dimension, Angular Dimension, Segment Dimension dan 3 Point Callot.
 

Straight-Line Connector Tool adalah tool yang digunakan untuk membuat garis antara dua Objek untuk menghubungkannya.didalam tool ini,terdapat 4 macam tool; Straight-Line Connector, Right-Angle Connector, Right-Angle Round Connector, dan Edit Anchor.

Blend Tool adalah tool yang digunakan untuk memadukan dua objek atau lebih dalam lembar kerja CorelDRAW. Dalam tool ini,tersimpan 7 macam tool ; Blend,Contour,Distrot,Drop Shadow,Envelope,Extrude,dan Transparency.

Eyedropper Tool adalah tool yang digunakan untuk menyalin warna dari lembar kerja CorelDRAW,dalam tool ini,tersimpan 2 tool; Color Eyedropper dan Attributes Eyedropper.
 

Outline Tool, adalah tool yang digunakan untuk membuat outline atau garis tepi pada lembar kerja CorelDRAW X5.

Ada banyak sekali tool di Outline Tool, diantaranya Outline Pen,Outline Color,No Outline, Hairline Outline.

Sedangkan untuk mengakses Outline Color secara tepat dan cepat, kamu tinggal pijit keyboard dengan tombol kombinasi SHIFT + F12
 

Fill Tool, adalah tool untuk memberi warna objek dengan berbagai metode.terdapat 7 macam tool yang tersimpan dalam Fill Tool,yaitu Unifrom Fill,Fountain Fill,Pattern Fill,Post Scriot Fill,No Fill,dan Color.Tombol kombinasi shortcut untuk mengakses Unifrom Fill adalah Shift + F11. 

Sedangkan untuk Fountain Fill, cukup tekan F11.
 

Inteactive Fill Tool, adalah tool yang digunakan untuk memadukan dua warna atau lebih pada objek.

Ada 2 tool yang tersimpan didalamnya,yaitu Interactive Fill dengan shortcut G. dan Mesh Fill dengan shotcut M.

RULER/Penggaris

Ruler atau penggaris fungsinya untuk membuat suatu guide line. Caranya dengan klik & drag ruler ke area kerja/canvas.


COLOR BAR

Berisi pilihan warna yang bisa kita gunakan untuk mewarnai objek gambar yang kita buat. Baik warna isi maupun warna outline. Warna yang ada pada daftar color bar ini bisa kita customize sendiri.



PAGE CONTROL

Menampilkan control tampilan halaman pada sebuah dokumen, memberitahu di halaman mana kamu sedang bekerja. Page Control ini memudahkan kita, jika sedang membuat desain pada sebuah dokumen yang terdiri dari beberapa halaman.



Semoga Bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel