4 Kompetensi yang Mesti Dikuasai Peserta Didik Di Era 4.0

GURUINFORMATIKA.COM - Tantangan teknologi, informasi dan komunikasi di dunia pendidikan saat ini adalah pemanfaatan berbagai potensi yang mampu mempersempit kesenjangan digital, pembentukan karakter, transformasi pendidikan digital, dan juga pendidikan kejuruan.



Transformasi pendidikan adalah pada dasarnya bagaimana kualitas pendidikan setara dengan persaingan di kelas dunia. Untuk mencapai kelas dunia harus dipenuhi syarat-syarat, salah satunya endidikan yang bisa mencetak sumberdaya manusia yang memiliki karaker dan siap terjun di dunia generasi 4.0.

Setidaknya harus ada 4 kompetensi anak didik yang bisa beradaptasi dengan situasi dengan kondisi apapun di kemudian hari.
1. Pemikiran Kritis
2. Bekerjasama
3. Skill
4. Inovasi


Pemikiran Kritis Bagi Pelajar 


Sikap kritis terhadap sesuatu memang diperlukan. APalagi kritis untuk sesuatu bagi pelajar yang sedang belajar. Ketika ada proses kesalahan, maka bisa dimaklumi. Karena mereka sedang proses pembelajaran.

Berpikir kritis bagi siswa akan mengajarkn untuk menganalisis ide atau gagasan menjadi lebih rinci, dan ahirnya akan menghasilan sebuah kesimpulan. 

Dalam kritis ini akan diajarkan bagaimana cara berpikir lebih cermat, memilih ide terbaik, lalu mengindentifikasikan. Selanjutnya mengevaluasi ide dan mengembangkannya lebih baik.


Bekerjasama Bagi Siswa


Sebagai siswa di sekolah akan selalu berinteraksi dengan temannya, atau pun guru. Ini membuktikan bahwa sebagai manusia makhluk sosial.  Sebgai makhluk sosial inilah siswa akan selalu bekerjasama dalam proses pembelajaran. Kecuali jika ada tugas mandiri yang harus dikerjakan oleh masing-masing individu siswa itu sendiri.

Kerjasama antara siswa dengan siswa yang lainnya tujuanny adalah supaya tujuan yang dicita-citakan bersama itu tercapai. Karena kerjasama adalah suatu upaya dua orang atau lebih (jamak) yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai atau mencapai target yang sudah disepakati bersama.


Skill atau Keahlian Bagi Siswa di Era Revolusi Industri 4.0


Dan inilah yang pentng harus dimiliki setiap siswa di era revolusi industri 4.0 adalah memiliki keahlian. Keahlian apapun, semisal bisa membuat aplikasi di android, bisa membuat presentasi di microsoft office power point dengan animasi pembelajaran, atau keahlian di bidang seni; menyanyi, menari, paduan suara, dll.

Keahlian siswa pasti beragam, tinggal peran guru harus jeli melihat potensi dari beragam puluhan/ratusan karakter anak didik.


INovasi Pembelajaran Siswa


Jika terkumpul pemikiran kritis, bekerjasama dan memiliki skill/keahlian, maka inovasi akan lahir dari setiap siswa.

Tentu saja melahirkan inovasi harus dibarengi, dituntun oleh guru yang kompeten. Guru yang tidak hanya mengajar di depan kelas saja, melainkan menindaklanjuti kemampuan siswa di luar sekolah. Jika perlu guru, menyediakan kelas online untuk memudahkan siswa tetap berkomunikasi.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel