4 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Blog Sebagai Tugas Sekolah

GURUINORMATIKA.COM -  Membuat Blog  menjadi salah satu materi pelajaran informatika. Dengan blog kamu akan belajar banyak sekali ilmu dan pelajaran. Salah satunya adalah kamu bisa memberikan pengalaman kamu sendiri kepada orang lain. Juga blog bisa dijadikan sebagai tempat tugas sekolah.



Namun, jika saat ini kamu dihadapkan oleh guru untuk membuat blog. Maka penting kiranya kamu ketahui dulu hal-hal yang mesti dilakukan sebelum membuat blog. Karena tujuan membuat blog nantinya tidak hanya sekeadar mengerjakan tugas dari guru saja. Melainkan, akan kamu dapatkan manfaatnya di kemudian hari.

Apa saja yang harus diketahui sebelum membuat blog dan apa saja yang mesti dipersiapkan.

Pertama, Kamu Cari Tahu Apa itu Blog


Blog bagi guru dan siswa adalah media penyampai informasi antara guru kepada, atau sebaliknya, siswa kepada guru. Dimana dengan blog, guru akan memberikan materi pelajaran, tugas atau tutorial. Sementara untuk siswa, blog menjadi tempat pengerjaan tugas secara online yang akan di lihat tidak hanya oleh guru bersangkutan saja. Melainkan akan dibaca dan dialap manfaatnya oleh pembaca blognya.

Kedua, Mencari Informasi Cara Membuat Blog untuk Siswa


Kamu bisa lihat di artikel GuruInformatika.com, "Cara Membuat Blog untuk Siswa". Silakan ikuti panduannya untuk membantu tugas kamu.

Ketiga, Memilih Platform Blog. Disarankan di Blogger.com aja

Ya. Tahapan selanjutnya sebelum kamu mau membuat blog yaitu memilih paltform mana dimana kita akan membuat blognya. Guru Informatika sarankan, mending kamu buat blognya di blogger.com saja. Apalagi kamu baru pertama kali membuat blog.

Memang kenapa harus di blogger.com?

Platform blog sangatlah banyak, yang sangat terkenal banyak digunakan oleh pengguna blog yaitu di Wordpress.com dan Blogger.com.

Tentunya satu sama lain ada sejumlah kelebihan dan kekurangannya.  Tulisannya bisa di lihat di sini: Kelebihan Blogger.com Ketimbang Wordpress. 

Satu diantara kelebihan membuat blog di blogger.com adalah kita akan belajar HTML meskipun kita tidak tahu pemrograman.

Keempat, Tentukan Kira-kira blog kamu mau diisi dengan tulisan Apa?


Jika blog kamu untuk tugas mata pelajaran informatika, kamu pun harus menentukan kira-kira apa yang akan kamu tulis nantinya. Blog kan sama halnya dengan rumah maya kita, yang mana akan diisi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Gini deh...

blog yang kamu baca ini adalah blog GuruINformatika.com yang mana tulisan keseluruhan dari blog ini adalah membahas seputar Informasi Mata Pelajaran Informatika, Teknologi, Komunikasi, Jaringan Komputer, Tutorial, Tips dan Trik, Blogging, Komputer, Literasi Digital.

Jadi, kamu pun bisa menulis sesuai dengan kesenangan kamu. Terserah. Tidak hanya blog diisi dengan tugas sekolah saja. Melainkan bisa juga dengan menulis aktivitas sehari-hari kamu dengan teman, guru. MAu di sekolah atau di rumah.

OK...

Gimana???

Langsung saja action membuat blognya!!!

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel