Mapel Informatika Diterapkan, Ketahui Bedanya dengan Mapel TIK

GURU INFORMATIKA - Tahun 2019 menjadi tahunnya sumringah bagi guru-guru TIK. Pasalnya, tahun ini akan diterapkannya Mata pelajaran (mapel) Informatika di jenjang SMP dan SMA. Mapel Informatika hampir sama dengan TIK, namun berbeda sekali denga TIK.


Berikut perbedaan antara Mapel Informatika & TIK


Mapel Informatika:
Mencakup 5 materi penunjang mapel Informatika:

  1. Teknik komputer
  2. Jaringan komputer/ internet
  3. Analisis data
  4. Dampak sosial informatika
  5. Programming.

Apa Perbedaan Mata Pelajaran Informatika dengan TIK?


Mapel Informatika akan berat muatannya ketimbang TIK

 Akan berat muatannya bukan berarti susah dalam aplikasinya. Justru guru dan siswa akan dimudahkan dengan perlatana digital yang sudah biasa digunakan sehari-hari. Seperti bakal ada pelajaran yang harus memanfaatkan smartphone, komputer.

Bahkan kelasnya pun akan terbuka lebar. kita belajar tidsak hanya di dalam kelas saja Melainkan akan belajar secara jarak jauh Dengan guru membua kelas online. Ini justru akan memudahkan guru dan siswa. Belajar tidsak terbatas waktu dan tempat. Belajar akan terus intesnsif dan belajar pun akan maksimal.

Persamaan Mapel Informatika dan TIK



Meskipun mapel Informatika berbeda dengan mapel Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK), namun, ada beberapa hal yang diadaptasi dari mapel TIK itu sendiri. Sehingga guru mampu mengaplikasikan media digital, tidak hanya guru mapel informatika saja. Inilah pekerjaan rumah bagi guru harus meng-upgrade skill di bidang digital.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel