Mapel Informatika: Pengenalan Alat TIK dan Perkembangan TIK

Mapel Informatika: Pengenalan Alat TIK dan Perkembangan TIK - Materi Pelajaran Informatika pada tahun ajaran 2019 akan menggantikan Pelajaran TIK yang pernah dihapus dari kurikulum pendidikan. Dimana TIK waktu itu hanya menjadi mata pelajaran muatan lokal atau keterampilan saja. Namun, kini Mapel Informatika akan menjadi mata pelajaran pokok. Seperti pelajaran yang lainnya.



Mapel Informatika menjadi ilmu yang mesti dikuasi semua pelajar di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Konsep dari mapel Informatika ini berbeda dengan pelajaran TIK, meskipun begitu teatp ada beberapa hay yang akan diadaptasi

Peralatan Alat TIK

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang begitu cepat mengindikasikan bahwa industri teknologi informasi dan komunikasi saat ini sudah benar-benar ke arah mobilitas yang paling kompleks menjebol batasan jasmani ruang dan waktu.

Oleh sebab itu, siswa dan guru harus  memahami peralatan teknologi informasi dan komunikasi itu yaitu dengan mengenal, memakai dan merawat perlengkapan teknologi informasi dan komunikasi supaya dapat dipergunakan untuk membina potensi diri masing-masing.

Apa itu TIK 


Apa yang dimaksud dengan teknologi informasi dan komunikasi?

Supaya Anda lebih gampang mempelajarinya, pahamilah dulu sejumlah pengertian teknologi informasi dan komunikasi di bawah ini:


  • Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari 2 aspek: teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi ialah segala urusan yang berhubungan dengan proses manipulasi dan pemrosesan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi ialah segala urusan yang berhubungan dengan proses memberikan informasi dari pengirim ke penerima
  • Berdasarkan keterangan dari Haag dan Keen, teknologi informasi ialah seperangkat perangkat yang dipakai untuk membantu tugas-tugas yang bertautan dengan pemrosesan data.
  • Sementara menurut keterangan dari Martin , teknologi tidak hanya melulu terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software) yang dipakai dalam pemrosesan informasi saja, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengantarkan informasi.
  • Berdasarkan keterangan dari Williams dan Sawyer, teknologi informasi ialah penggabungan komputasi yakni komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi kita sebut TIK atau ICT (information and communication technology). Ada juga sebutan lainnya dengan menggunakan  “telematika” singkatan dari telekomunikasi dan informatika.


Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi ditafsirkan sebagai teknologi guna memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan sekian banyak  jenis file informasi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang bermunculan dari dorongan-dorongan powerful untuk membuat inovasi dan kreatifitas baru yang dapat menanggulangi segala kemalasan dan kelambatan kinerja manusia.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)


Berdasarkan masa-masa perkembangannya, perlengkapan teknologi informasi dan komunikasi dipisahkan menjadi 2:

  1. media komunikasi tradisional (kuno)
  2. modern. 
Media komunikasi tradisional masih paling sederhana bila dikomparasikan dengan media komunikasi canggih yang ketika ini tidak sedikit bermunculan.

Berikut ini penjelasan dari macam-macam media komunikasi baik yang tradisional maupun yang modern.

a. Media Komunikasi Tradisional (Kuno)


#1. Asap

Media komunikasi ini termasuk unik dan paling populer dipakai oleh bangsa Indian, Amerika. Asap dapat dipakai untuk mengantarkan informasi rahasia untuk kawan maupun lawan.

Dalam berkomunikasi memakai asap, tidak terdapat kode-kode yang baku sampai-sampai tidak semua orang dapat menyimak maksud dari kepulan asap yang dikirim.

Namun, yang umum dan tidak jarang kita lihat di  film-film, asap dapat dipakai untuk meminta pertolongan ketika seseorang sedang tersesat di hutan dengan teknik menunjukan keberadaannya memakai asap. Atau mungkin anda pernah ikut dalam pekerjaan Pramuka dimana mereka memakai asap dalam suatu permainan pesan berantai.

#2. Kentongan/Kohkol


Pada masa kerajaan, kentongan atau kohkol dipakai guna memebrikan pesan dan perintah dari sang raja untuk rakyatnya.

Meskipun ketika ini teknologi telah semakin canggih, tetapi beberapa masyarakat tidak dapat meninggalkan media komunikasi tradisional ini. Terutama di pedesaan yang dipakai sebagai sarana ronda malam.

Ada pun kentongan yang bentuknya lumayan besar atau yang tidak jarang disebut ”bedug” dipakai oleh masyarakat sebagai penanda masa-masa shalat tiba.

Dalam pemakaiannya, kentongan dipukul dengan irama yang berbeda-beda. Disesauikan dengan kejadian yang bakal dan sedang terjadi.

Misalnya, tanda kentongan yang menandakan adanya kebakaran rumah, adanya bencana banjir, adanya pencurian, atau bakal adanya gerombolan pasukan lawan yang datang menyerang di masa pertempuran kerajaan zaman dahulu.

#3. Prasasti


Berdasarkan keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prasasti adalah piagam yang tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya. Prasasti adalah sumber sejarah penting untuk mengungkap peristiwa masa lalu. Prasasti adalah sumber dokumen tertulis yang orisinil dan tentu terjamin keasliannya sebagai peninggalan masa lalu.

Berdasarkan keterangan dari Matrical Eulogitic Inscription, Ms. Dannel, Sanskrit Dictionary, Prasasti berarti artikel yang mengandung pujian dan adalahanugerah yang diserahkan seorang raja untuk rakyatnya dan berlakunya secara turun temurun.

Istilah itu dalam Negara Kertagama disebutkan sebagai purwasarirareng prasatyalama tan rinaksan iwo, yang berarti hak-hak istimewa yang semenjak dahulu dibentengi oleh prasasti kuno.


#4. Daun Lontar


Di samping prasasti, ternyata  daun lontar juga dipakai sebagai alat komunikasi pada zaman dahulu. Daun lontar ialah daun dari pohon siwalan yang dikeringkan. Daun lontar dikenal pun sebagai daun pohon Nira. Daun lontar digunakan untuk mencatat naskah dan uga untuk kerajinan.

Naskah dari lontar tidak sedikit ditemukan di Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi Selatan dan Sunda. Sedangkan kerajinan dari lontar dipakai untuk bahan baku atap lokasi tinggal dan produk utama anyaman serta kipas.

Perkembangan Komputer dan Jaringan Internet Saat Ini di Indonesia


Berdasarkan daftar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI), teknologi komputer mulai diperkenalkan di Indonesia dalam kurun antara tahun masa-masa 1970-an. Universitas Indonesia adalah salah satu universitas pertama yang menjadi lokasi pengenalan komputer di Indonesia.

Pada waktu itu seluruh komunitas akademis perguruan tinggi dan industri Indonesia mendapatkan sekian banyak  macam pengenalan mengenai teknologi komputer dari Universitas Indonesia.

Berikut ini ialah ringkasan sejarah pertumbuhan teknologi komunikasi di Indonesia.


Tahun 1972-1986


Pusat Ilmu Komputer UI  (PUSILKOM UI) melakukan pekerjaan operasional komputasi di kampus UI. Dan berhasil mengantarkan dua orang staf  PUSILKOM ke Amerika Serikat dalam rangka studi mengenai ilmu komputer. Selanjutnya, pada tahun 1986 diperbanyak lagi ekspedisi menjadi 4 orang.

Tahun 1984

Beberapa jaringan komputer di Indonesia mulai terhubung ke internet melewati jaringan yang mempunyai nama UI net. Jaringan itu berjalan di atas protokol UUC, meskipun umumnyaa jaringan komputer berlangsung di atas protocol TCP/IP. Domain “.id” telah mulai dikenal pada tahun 2018.

Tahun 1986-1988

Pada tahun berikutnya, mulailah terbentuk jaringan berskala besar yang menghubungkan kampus besar yang terdapat di Indonesia. Beberapa kampus yang terhubung antara beda mulai UI, ITB, UGM, ITS, UNHAS, UT dan Dirjen Pendidikan Tinggi. Jaringan besar kesatu ini dinamakan dengan UNINET. Server jaringan ini ditaruh di ITB, UI, UGM, dan ITS. Sementara tersebut pada tahun ini mulai dimulai jurusan S1 dan S2 Ilmu Komputer di UI. Setelah itu, pada tahun 1988, terdapat klub radio amatir yang hadir di ITB.

Tahun 1988 -- 1989

Pada tahun 1998=1999 Universitas Indonesia dipilih menjadi gateway internet pertama di Indonesia, dan sekaligus dipilih sebagai koordinator pencatatan domain .id pada jaringan internet berbasis protokol UCC.

Tahun 1993

Tahun 1993 Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) UI diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun ini pula Indonesia secara sah terhubung dengan jaringan internet global memakai protokol TCP/IP dan domain “.id” sebagai simbol negara. Situs IPTEKNET ialah situs pertama yang terhubung dengan internet.

Tahun 1994


Setelah hanya diusahakan dan dimanfaatkan di lingkungan kampus, pada tahun ini mulai hadir penyedia layanan internet umum di Indonesia yang mempunyai nama Indonet dengan situsnya www.indo.net.id.

Tahun 1997


Pada tahun ini kualitas layanan internet berjenis dial-up mengalami eskalasi kecepatan dari yang tadinya melulu 33,6 Kbps menjadi 56Kbps. Sejak tahun ini tidak sedikit perkembangan pada dunia komputer dan internet. Setelah tahun ini semakin tidak sedikit penyedia layanan internet beserta variasi program atau layanan internet yang pelbagai hingga ketika ini guna mendapatkan internet dengan kecepatan standar 10Mb/s pun dapat sangat terjangkau.
Materi selanjutnya dari bahasan di atas Apa itu Sistem Komputer? Kenali Juga Perangkat Komputer dan Fungsinya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel